Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGANPenulis : Qurratul AiniDosen Pembimbing I : Fatimatul MunawarohDosen Pembimbing II :Irsad Rosidi.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran problem posing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, dan dilaksanakan di MTs Sunan Giri Lobuk Kecamatan Bluto Kabupaten Sumenep dengan populasi semua kelas VIII dan sampel yang diteliti 2 kelas yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, (1) penggunaan model pembelajaran problem posing dalam pembelajaran IPA mempengaruhi keterampilan berpikir kritis siswa (2) Penggunaan model pembelajaran problem posing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kategori sedang (3) Respon siswa saat menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing sangat baik dengan persentase 85%. Kata kunci : Keterampilan berpikir kritis, pembelajaran IPA, Model pembelajaran problem posing.
AbstractionThe research aims to determine Critical thinking skills of learners after implementation problem posing learning models. The study are used quasi experimental method with nonequivalent control group design, and implemented in MTs Sunan Giri Lobuk Bluto Sub-district of Sumenep Regency with population of all class VIII and sample which examined 2 classes that is class VIIIA as experiment class and class VIIIB as control class. Data analysis technique are used independent sample t test. Based on the result of the research, it can be concluded that, (1) The use of learning model of problem posing in science learning can influence the critical thinking skill of learners which can be proven (2) The use of problem posing leraning model in science learning can improve students' critical thinking skill (3) Student’s response when using learning with model of learning problem posing very good with percentage of 85%. Keywords: Critical thinking skills, learning science, Problem posing learning model.