Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE WHOLE BRAIN TEACHING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : Risky Befurira
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S. Si., M. Si
    Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Whole Brain Teaching dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa, respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Materi pada penelitian ini adalah materi bunyi kelas VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan rancangan penelitian pretest postest dengan non equivalent control group design. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh dari metode Whole Brain Teaching dengan model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai t hitung 5,014 sedangkan nilai t tabel diperoleh 1,668 sehingga nilai -t hitung < t tabel < t hitung (-5,014 < 1,668 < 5,014) dengan nilai signifikansi diperoleh 0,00 < 0,005 sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. (2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 80,91. (3) Respon siswa terhadap metode Whole Brain Teaching dengan model pembelajaran Cooperative Script sangat baik dengan nilai persentase sebesar 82,6. (4) Proses pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 100%. Kata kunci: Cooperative Script, Hasil belajar, Whole Brain Teaching

    Abstraction

    This reseach aims to determine the influencing whole brain teaching method with cooperative script learning model on student learning outcomes, student response, and learning effectiveness. The material on this research was sound material class VIII SMP Negeri 4 Bangkalan. This type of research was quasi experimental research design using postest pretest with non equivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling with VIII D as experimental class and VIII C as control class. Data collection techniques in the study of test methods, using question form, observation, and documentation. The results in this research indicate that: (1) There was effect of influencing whole brain teaching method with cooperative script learning model on student learning result with t-test obtained t calculated vi 5,014 while t tabel 1,668, t calculated < t calculated (-5,014 < 1,668 < 5,014) with significantly 0,00 < 0,05 so H 0 refused and H 1 accepted. (2) The results of the study class of experimental reach Minimum graduation Criterion, namely 80.91. (3) Student response shows very agree to Whole Brain Teaching method with a learning model Cooperative Script with results of 82.6%. (4) The process of learning method used Whole Brain Teaching with learning model Cooperative Script done very well with a percentage of 100%. Keyword : Cooperative Script, Learning Outcomes, Whole Brain Teaching

Detail Jurnal