Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KIT IPA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
    Penulis : susi susanti
    Dosen Pembimbing I : yunin hidayati, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :ana yuniasti retno wulandari, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Susi Susanti. 2017. Efektivitas penggunaan KIT IPA Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi, Jurusan Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing: Yunin Hidayati dan Ana Yuniasti Retno Wulandari. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan KIT IPA dalam melatih keterampilan proses sains siswa. Penelitian menggunakan metode pre Experimental menggunakan desain One-Shot Case Study di SMP Negeri 2 Socah Bangkalan. populasi semua siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 1 kelas. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian adalah tes keterampilan proses yang terdiri dari 7 item soal essay. Analisis data pada penelitian adalah analisis deskriptif untuk melihat gambaran dari hasil belajar keterampilan proses siswa dengan menggunakan kriteria daya serap, efektivitas pembelajaran, dan ketuntasan belajar siswa. Dari hasil analisis data menunjukkan daya serap rata-rata kelas adalah 68% dengan kategori baik. Efektivitas pembelajaran dinyatakan efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal senilai 78,571% dan dinyatakan tuntas, serta ketuntasan materi pelajaran sebesar 16% dan dinyatakan tidak tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan KIT IPA dapat digunakan untuk proses pembelajaran di kelas VIII SMP Negeri 2 Socah. Kata Kunci: Efektivitas, KIT IPA, Keterampilan Proses.

    Abstraction

    Susi Susanti. 2017. The effectiveness of the use of IPA KIT To Train Student Process Skills. Thesis, Natural Science Education Study Program, Education Faculty, University of Trunojoyo Madura. Advisors: Yunin Hidayati And Ana Yuniasti Retno Wulandari. ABSTRACT The purpose of this research to know effectivity of the use of KIT IPA in training students’ science processs kills. The research that used pre experimental method by used One-Shot Case Study design in 2 SMPN Socah Bangkalan. The sample that used was purposive sampling. The sample of all student of VIII class academic year 2016/2017. Sampling technique using purposive sampling. The sample of research 1 class. The collected instrument in this research was art proccess test an consist of 7 items essay question. Data analyzed on the research was descriptive analyzed to saw the picture of the result of learning process of student skill by using absorption criteria, learning effectiveness, student mastery learning. From the results of data analysied shows the average class absorption was 68% with good category. Effectiveness of learning declared effective, the student mastery classical learning of 78,571% and expressed complete, and mastery of subject matter by 16% and declared incomplete. Therefore, can be concluded that the effectiveness of the used of KIT IPA can be used for the learning process at the VIII class SMP Negeri 2 Socah. Keywords: Effectiveness, KIT IPA, Process Skills.

Detail Jurnal