Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
    Penulis : AHMAD JUNAIDI
    Dosen Pembimbing I : LAILA KHAMSATUL M, S. Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :IRSAD ROSIDI, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode problem solving pada pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP N 2 Tanah Merah. Populasi dalam peneletian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvensional dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen diakan menggunakan metode problem solving. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group. Uji homogenitas dan normalitas data kemampuan berpikir kritis didapatkan hasil bahwa data terdistribusi normal dan kedua variansi data homogen. Berdasarkan hasil uji-t bebas dan didapatkan hasil thitung sebesar 3,691dan ttable sebesar 1,691 pada taraf signifikansi 0,05 dapat diketahui bahwa thitung < ttabel < thitung (-3,691< 1,691< 3,691). Maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima H0 ditolak yaitu terdapat efektivitas metode problem solving pada pembelajaran IPA untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tanah Merah.

    Abstraction

    Abstract This research aims to determine the effectiveness of problem solving methods in science learning to enhance students' critical thinking skills. The research was conducted in SMPN 2 Tanah Merah. The population in this research is the students of VII-A class as control class that using taught conventional method and VII-B class as experiment class was using taught of problem solving method. The method that used in this research is quasi experimental The method that used design with nonquivalent control group. Homogeneity test and normality critical thinking of skill data showed that the data was distributed of normally and both data variance that homogenity. Basic on the result of dependen t- test and obtained tcount of 3.691 and ttable of 1.691 at the level of significance 0.05 can be seen that thitung

Detail Jurnal