Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Probing Prompting Learning pada Pembelajaran IPAPenulis : Fitria HandayaniDosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan model Probing Prompting Learning pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan bahan ajar. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan di kelas VIIIG SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan dengan nilai 91.34%. Tingkat keterbacaan LKS yang dikembangkan adalah 85.09% yang dikategorikan sangat tinggi, dan tingkat keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan adalah 77.95% yang dikategorikan sangat tinggi. Kata Kunci: Model Probing Prompting Learning, pembelajaran IPA, pengembangan perangkat
AbstractionAbstract The research is development of instructional teaching with Probing Prompting Learning model of science. This research used Dick and Carey development model. The instructional of learning was developed that includes syllabus, lesson plan, student worksheet, and student book. The trialed instructional of learning has been ready implemented in VIII G SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan. The results that the instructional teaching will be valid and can be used without any repaired. In addition, the validity score is 91.34%. The readability level of student worksheet which developed was 85.09% with very high categories, and the readability level of student book which developed was 77.95% with very high categories. Keywords: Probing Prompting Learning Model, science, development of instructional