Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARANTHINKING ACTIVELY IN SOCIAL CONTEXT(TASC) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWAPenulis : ANA NUR AIZZAHDosen Pembimbing I : YUNIN HIDAYATI, S.SI., M.SIDosen Pembimbing II :IRSAD ROSIDI, S.PD., M.PDAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran TASC dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan dilaksanakan di SMPN 01 Bangkalan dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 01 Bangkalan Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji T sampel bebas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh signifikansi ? 0.05 yaitu 0.00 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelas yang menggunakan pendekatan pembelajaran TASC dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : keterampilan pemecahan masalah, pendekatan pembelajaran TASC
AbstractionThis research aims to determine the differences of student problem solving skills between class used TASC learning approach and class used conventional learning. This reserach used quasi-experimental method and applied in SMPN 01 Bangkalan with the population all students of class VII SMPN 01 Bangkalan academic years 2016/2017. Sampling technique used purposive sampling. The data analysis technique used independent sample T test. Based on the research results significance value ? 0.05 that was 0.00, H0 rejected and Ha accepted. Concluded there was differences in student problem solving skills between class used TASC learning approach with class used conventional learning. Key word: student problems skill, TASC learning approach