Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan LKS IPA Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
    Penulis : Nisa'ul Maghfiroh
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si, M.Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi,S.Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Nisa’ul Maghfiroh, 2017. Pengembangan LKS IPA Berbasis Literasi Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi, Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Yunin Hidayati, S.si., M.Si. Pembimbing II: Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, respon siswa, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa serta pengaruh pembelajaran menggunakan LKS IPA berbasis literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian diujicobakan pada 32 siswa kelas VII-J MTs Negeri Bangkalan dengan desain one group pretest-posttest. Pengembangan LKS berdasarkan pada model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian dianalisis secara statistik deskriptif kuantitatif, yang menunjukkan LKS IPA berbasis literasi sains layak digunakan tanpa revisi dengan prosentase 80,8%. Keterbacaan LKS diperoleh prosentase 75,5% dengan kategori baik. Respon siswa terhadap LKS diperoleh prosentase 79,5% dengan kategori sangat baik. Peningkatan (N-gain) keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan nilai 0,50 dengan kategori sedang. Hasil Uji paired sample T-test diperoleh nilai thitung -10,921 sedangkan nilai ttabel diperoleh 2,042 sehingga nilai - thitung < ttabel < thitung (-10,921< 2,042 < 10,921), dengan nilai signifikansi diperoleh 0,00 < 0,05. H1 diterima menunjukkan ada pengaruh pembelajaran menggunakan LKS IPA berbasis literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS IPA berbasis literasi sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Berpikir kritis, Literasi sains, LKS IPA, Pengembangan

    Abstraction

    Nisa’ul Maghfiroh, 2017. Developing Of Student Work Sheet Science Based On Science Literation To Increase Students Critical Thinking Skill. Thesis, Natural Science Education, Teacher Training and Education Faculty, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Yunin Hidayati, S.Si., M.Si. Advisor II: Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The research type is research and development (R & D) to determine the validity, readable, students response, and improvement of students' critical thinking skills. Subjects of this research were 32 students of VII-J MTsN Bangkalan with used by one group pretest-posttest design. Developing of student worksheets used by Dick and Carey models. Data Analyze of the research was done by statistic descriptive quantitative, showing that student work sheet was valid with percentage of 80,8%. Readable of LKS obtained percentage 62,5% with good category. Students response to the student work sheet obtained 77,3% percentage with very good category. Improvement (N-gain) students' critical thinking skills show the value of 0.50 with the medium category. Paired sample T-test obtained tcalculated -10,921 and obtained ttable 2,042, - tcalculate < ttable < tcalculate (-10,921< 2,042 < 10,921), with significantly 0,00 < 0,05. Indicated that value accepted H1 and there was effect of learning using student worksheet based science literacy on students' critical thinking skills. In conclution that student worksheet based science literacy could be used to encourage students critical thinking skills. Key word: Critical Thinking, Development, Science literacy, Student work sheet

Detail Jurnal