Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL
    Penulis : Eka Evriani
    Dosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIIB dan VIIC. Adapun desain penelitian ini adalah Nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan SPSS 16, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji independent sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memperoleh nilai yang hampir sama yakni 52,77 dan 54,87. Sementara terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yakni 73,50 dan 86,13. Maka hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol setelah memperoleh pembelajaran menggunakan metode brainstorming. Berdasarkan hasil uji hipotesis nilai posttest menunjukkan bahwa -thitung = -4,791 < ttabel = 1,67155 < thitung = 4,791. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat dikatakan terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global. Kata kunci: Hasil belajar siswa, metode brainstorming, pembelajaran IPA.

    Abstraction

    ABSTRACT This research aims to determine the effect of brainstorming learning methods on student learning outcomes. The research method used Quasi Experimental Design. Sample used all students of class VIIB and VIIC. Design of this research was Nonequivalent control group design. Data analysis used SPSS 16, for hypothesis test used independent sample T-Test. The results showed that the average value of pretest in the control class and the experimental class obtained almost the same value of 52.77 and 54.87. While there was difference of mean value of posttest in control class and experiment class that is 73,50 and 86,13. Then the learning outcomes of the experimental class students were higher than the control class after obtaining learning used brainstorming method. Based on the result of the hypothesis test the posttest value shows that -tcalculete = -4,791 < ttable = 1,67155 < tcalculete = 4,791. Thus, Ho was rejected and Ha accepted. There was influence of used brainstorming learning methods to student learning outcomes in topic global warming. Keywords: Student learning outcomes, brainstorming method, science learning.

Detail Jurnal