Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Penguasaan Konsep IPA Peserta DidikPenulis : Fitriyatul HasanahDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.,Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, penguasaan konsep peserta didik, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon peserta didik setelah penggunaan model CTL pada materi Getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri I Kamal Bangkalan. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII E sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel bebas dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil pengujian hipotesis penguasaan konsep peserta didik diperoleh nilai –thitung < ttabel < thitung (-13.286< 1.667< 13.286) dengan nilai signifikansi diperoleh 0.000 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata - rata pada kelas eksperimen sebesar 89.58 dan 61.76 pada kelas kontrol. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Rata-rata respon siswa sebesar 91.2% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berpengaruh terhadap penguasaan konsep peserta didik pada kelas eksperimen. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Model CTL, Penguasaan Konsep.
AbstractionThis study aimed determine the influence, mastery of the concepts of learners, the implementation of learning, and the response of learners after the use of CTL model on the material Vibration and wave. This type of research is a type of experimental research with Quasi Experimental design. The time of the study was conducted in the even semester of the academic year 2017/2018. The population of the research is the students of class VIII in SMP Negeri 1 Kamal Bangkalan. Samples were taken with Purposive Sampling technique. The sample used is class VIII E of 34 students as control class and class VIII F as many as 36 students as experiment class. Data analyze used descriptive statistics and free sample t-test with the help of SPSS version 20 program. The result of hypothesis testing of the concept of learners is obtained value -thount