Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan DLPS (Double Loop Problem Solving) Pada Pembelajaran IPA.
    Penulis : Fitri Zulianti
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S. Si., M. Si.
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran menggunakan DLPS (Double Loop Problem Solving) pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan 4D models (Define, Design, Develop, Disseminate), dibatasi pada tahap develop (pengembangan) tanpa penyebaran (disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKS, dan bahan ajar. Uji coba perangkat pembelajaran dilaksanakan di kelas VIIID SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah sangat valid, sangat efektif, sangat tuntas, dan dapat digunakan tanpa perbaikan dengan nilai 89.16%. Tingkat keterbacaan LKS yang dikembangkan adalah 75.12% yang dikategorikan sangat tinggi, dan tingkat keterbacaan bahan ajar yang dikembangkan adalah 74.88% yang dikategorikan tinggi. Kata kunci: DLPS (Double Loop Problem Solving), pembelajaran IPA, pengembangan perangkat

    Abstraction

    The research is development to know validity of instructional learning with DLPS (Double Loop Problem Solving) of science learning. This research used 4D models (Define, Design, Develop, Disseminate), but in this study will be limited to develop (development) without spread (disseminate). The instructional of learning was developed that includes syllabus, lesson plan, student worksheet, and lesson matter. The trialed instructional of learning has been ready implemented in VIII D SMP Negeri 2 Sedati Sidoarjo. The results showed that the instructional of learning developed was valid and effective, totality, and can used without any repaired with score 89.16%. The readability level of student worksheet which developed was 75.12% with very high categories and the readability level of lesson matter which developed was 74.80% with high categories. Key Words: DLPS (Double Loop Problem Solving), science learning, development of instructional

Detail Jurnal