Detail Karya Ilmiah
-
Penerapan Model Pembelajaran Improve Yang Berwawasan ESQ Untuk Mengetahui Karakter Religius SiswaPenulis : Ahmad Syahrul WahyudiDosen Pembimbing I : Mochammad Ahied, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter religius siswa dan respon siswa setelah menerapkan model pembelajaran Improve yang berwawasan ESQ Penelitian ini menggunakan jenis Pre-Experimental dengan desain One-Shot Case. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di SMPN 5 Bangkalan dengan mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIIIB yang berjumlah 28 siswa melalui teknik purposive sampling. Data utama yang digunakan adalah angket self assessmentdengan jumlah pernyataan sebanyak 20 butir yang terdiri dari pernyataan positif dan pernyataan negatif. Hasil angket self assessment menunjukkan bahwa rata-rata persentase karakter religius siswa di kelas VIIIB memperoleh 79% dengan kriteria sangat baik. Hasil angket respon menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap model pembelajaran Improve yang berwawasan ESQ dengan rata-rata persentase mencapai 78%. Keterlaksanaan pembelajaran pada kedua pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik.
AbstractionThis research aims to know the character of students' religious and student responses after applying an Improve learning model with ESQ insight. This research uses Pre-Experimental type with One-Shot Case design. Population in This research is class VIII at SMPN 5 Bangkalan by taking one class as experiment class that is class VIIIB which amounts 28 student through purposive sampling technique. The main data is used self assessment questionnaire with a total of 20 points of statement consisting of positive statements and negative statements. The self assessment questionnaire showed that the average percentage of religious characters of students in class VIIIB earned 79% with very good criteria. The results of the response questionnaire showed that the students responded very well to the Improve learning model with ESQ insight with the average percentage reaching 78%. Implementation of learning at the both meeting got average percentage to 87,5% with very good criteria.