Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan STS (Science Technology Society) Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa.
    Penulis : Mohammad Holilulloh
    Dosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peduli lingkungan pada siswa dengan menggunakan pendekatan STS. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental Design dengan subjek penelitian siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Kamal yang berjumlah 35 dengan desain one group pretest-posttest. Instrumen penilaian karakter peduli lingkungan dalam penelitian ini adalah Self Assesment, Peer Assesment, dan Teacher Observation. Hasil pada penilaian karakter peduli lingkungan Self Assesment rata-rata sebesar 69% atau pada kategori cukup, pada Peer Assesment rata-rata sebesar 65% atau pada kategori cukup, sedangkan pada Teacher Observation rata-rata sebesar 94% atau pada kategori sangat baik. Hasil respon siswa rata-rata sebesar 78% dengan kategori sangat menarik dan hasil keterlaksanaan diperoleh rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat tinggi.

    Abstraction

    ABSTRACT This research aims to know the character of environmen care in students by using STS approach. This type of research is Pre Experimental Design research with subject of student of class VII-A Junior High School 1 Kamal which amounts 35 with one group pretest-posttest design. Instrument assessment of environmental care character in this research is Self Assessment, Peer Assessment, and Teacher Observation. The result on the research of environmental care character of Self Assesment is average of 69% or in enough category, on average Peer Assessment equal to 65% or in enough category, while in Teacher Observation is average of 94% or in very good category. The results the student response average of 78% with very interesting category and the results the implementation obtained an average of 90% with very high category.

Detail Jurnal