Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
    Penulis : Nurul Afifah Subaidi
    Dosen Pembimbing I : Yunin Hidayati, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II : Irsad Rosidi, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimental dengan Nonequivalent Control Group Design dan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kamal dengan populasi siswa kelas VII tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas. Teknik analisis menggunakan independent sample t test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil uji t sampel bebas diperoleh nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan H v 1 diterima, sedangkan hasil t -7.633 dengan t tabel 2.382 jadi, -t hitung < t tabel < t hitung maka H 0 ditolak H diterima. 2) hasil keterlaksanaan tergolong sangat baik dengan persentase 95%, 3) hasil respon siswa tergolong sangat baik dengan persentase 88%. Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing.

    Abstraction

    This research aims to determine the effect of guided inquiry learning model to ward students' critical thinking skills. The research uses quasi experimental method with Nonequivalent Control Group Design and implemented in SMPN 1 Kamal with population of all student of class VII academic year 2016/2017. The sample of research is 2 classes. The analise technique using independent sample t test. Based on the data of the research, it can be concluded that: 1) There is the influence of guided inquiry learning model to the students' critical thinking skill with free sample t test result obtained by probability value (sig) of 0.000 shows significant value less than 0.05 so H t count -7.633 with t table 2.382 So, -t count 0 is rejected and H < t table vi < t count 1 accepted, in addition the then H 0 rejected H accepted, 2) Learning implementation are very good with percentage 95%, 3) Student response was classified very good with percentage 88%. Keywords: Critical Thinking Skills, Guided Inquiry Learning.

Detail Jurnal