Detail Karya Ilmiah

  • Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Video Terhadap Penguasaan Konsep Siswa.
    Penulis : Luluk Nur Azizatul Mu’awanah
    Dosen Pembimbing I : Laila Khamsatul Muharrami, S.Si., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Wiwin Puspita Hadi, S.Si., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, penguasaan konsep siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa setelah penerapan model ARIAS berbantuan video pada materi Ekosistem. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri I Kamal Bangkalan. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t sampel bebas dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian hipotesis penguasaan konsep siswa diperoleh nilai –t hitung < t tabel < t (-4,070 < 2,024 <4,070) maka H 0 ditolak dan H 1 hitung diterima. Penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol dengan persentase ketuntasan kelas indikator penguasaan konsep pada kelas eksperimen sebesar 92% dan 71% pada kelas kontrol. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Rata-rata respon siswa sebesar 82% dengan kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARIAS berbantuan video berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen. Kata Kunci : Model ARIAS, Penguasaan Konsep, Video.

    Abstraction

    This research aimed to find out the influence, authority student’s concept, learning activity, and student’s responding after implementation ARIAS model aided with video on the material of Ekosistem. This research is experiment research with Quasi Experimental design. Research’s time are done on even semester at 2016/2017 school year. Research’s population are students at VII SMP Negeri I Kamal Bangkalan. The sample are taken with purposive sampling technique. The sample of research is all of the student VII class B as many 20 student as control class and VII class H as many 20 student as eksperimental class. Data analysis use descriptive statistics and independent t-test by SPSS 16.0 version. The result of hypothesis testing for student concept achievement values obtained –t count < t table < t count (-4,070 < 2,024 <4,070) then H 0 the rejected and H the accepted. Student concept achievement on experimental class is better than control class with procentage of completeness indicator class concept achievement on experimental class amount 92% and 71% on control class. Average learning done around 92% by the best category. Average response around 82 % by very agreed category. Based on hypothesis test so it can conclude that learning ARIAS model is aided with video are influenced to student concept achievement on experimental class. Keyword : ARIAS’S Method, Authority Concept, Video.

Detail Jurnal