Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWAPenulis : Farhamna Jami'ahDosen Pembimbing I : Fatimatul Munawaroh, S.Si., M.Si.Dosen Pembimbing II :Ana Yuniasti Retno Wilandari, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar IPA siswa, respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian adalah jenis eksperimen dengan desain penelitian Quasi eksperimental. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Socah. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-C sebagai eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t sampel bebas dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh dari model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai thitung 5,111 sedangkan nilai ttabel diperoleh 1,710 sehingga nilai –thitung < ttabel < thitung (-5,111 < 1,710 < 5,111) dengan nilai signifikansi diperoleh 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. (2) hasil belajar kelas eksperimen mencapai kriteria Ketuntasan Minimum yaitu 78,77. (3) respon siswa menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry mendapatkan hasil sebesar 80% dengan kriteria sangat setuju. (4) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry terlaksana dengan baik dan mendapatkan persentase 95%. Kata kunci: Guided Inquiry, Pembelajaran IPA, Hasil belajar
AbstractionThe research of aimed to know the effect of Guided Inquiry learning model on students' science ,learning outcomes, student responses, and learning implementation. The type of research was experiment with an experimental Quasi research design. The time of study was conducted on the even semester of the academic year 2016/2017. The population of the research were the students of class VIII SMP Negeri 2 Socah. Samples were taken by purposive sampling technique. The sample of research were two classes that was class VIII-C as experiment and class VIII-B as control class. The research design used nonequivalent control group. Data collection techniques in research using test methods, questionnaires, observation, and documentation. The data analysis technique used dependent sample t test with SPSS 16.0. The result of the research shows that: (1) there was influence from Guided Inquiry instruction model to student learning result with t test result obtained tcount 5,111 while ttable value obtained 1,710 so that value is -tcount