Detail Karya Ilmiah

  • MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI RPL PADA MATERI PERULANGAN DI SEKOLAH YANG MENERAPKAN FULL DAY SCHOOL (STDI KASUS SMKN 3PAMEKASAN)
    Penulis : ULFATUN HASANAH
    Dosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI,S.Si, M.Pd
    Dosen Pembimbing II :WANDA RAMANSYAH, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Ulfatun Hasanah, 2017. Motivasi Belajar Siswa Kelas XI RPL pada Materi Perulangan di Sekolah Yang Menerapkan Full Day School (Study Kasus SMKN 3 Pamekasan).Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Pembimbing I Ariesta Kartika Sari,S.Si.,M.pd., Pembimbing II Wanda Ramansyah, S.pd., M.pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Full Day School. Perulangan Motivasi belajar pada setiap individu itu berbeda, ada yang sangat kuat, sedang dan lemah. Motivasi itulah yang mendorong seseorang untuk semangat belajar baik dari dalam dirinya sendiriya atau dari luar dirinya sendiri. Motivasi inilah yang dikenal dengan motivasi instrinsik dan ekstrinsik. Motivasi belajar inilah yang tumbuh di kelas XI RPL 3 SMKN 3 Pamekasan pada Materi Perulangan, meskipun dalam ranah Full Day School motivasi belajar siswa tinggi sehingga tujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi siswa kelas XI RPL, faktor-faktor motivasi belajar siswa serta upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa tercapai dalam penelitian ini. Dimana dengan menggunakan jenis penelitian kulitatif deskriptif, penelitian dapat menyajikan hal konkrit berupa kata-kata tertulis baik dengan menyajikan dalam bentuk tabel, gambar dan diagram agar lebih jelas sehingga dari 35 siswa kelas XI RPL 3 yang menjadi populasi diperoleh 17 (48%) kategori siswa motivasi tinggi, 14 (40%) kategori siswa motivasi sedang dan 4 (11%) dari kategori siswa motivasi rendah dengan rentang nilai angket 1-3 lebih, kemudian dipilih 30% dari masing-masing kategori motivasi tadi untuk dijadikan sampel yaitu sebanyak 10 sampel dimana, untuk Motivasi tinggi sebanyak 5 siswa, motivasi sedang 4 siswa dan motivasi rendah 1 siswa yang akan diwawancarai untuk menentukan motivasi instrinsik atau ekstrinsik dengan wawancara mendalam.\. dari 10 sampel hanya ada 1 siswa yang memeiliki motivasi ekstrinsik.

    Abstraction

    ABSTRACT Ulfatun Hasanah, Motivation learn of student, class XI RPL, on loop material school that applayed full day school (case study of SMKN 3 ), national vocational hight school of Pmaekasan, escay Informatic Education study, Faculty of Education science, university of trunojoyo Madura, mentor I Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd., Mentor II Wanda Ramansyah S.Pd., M .Pd. Keywords :Student Learning Motivation, Full Day School, Looping Theleraning Motivation on each individual is different, same are strong, medium and weak, motivation is what drive person to the spirit of learning either from within himself or from outside himself. motivation is known as instrinsic and extrinsic motivation. Learning motivation is what grow up in the class XI RPL SMKN 3 Pamekasan at material looping. Althought in the real of full day school, student hight motivation to learn. So that the purpose to find out how to motivational student of class XI RPL three. Factors of student and teacher effort in growing student learning motivationis achived in this research. The research can present concert thing in the form of the written word either by presenting in the form of the table drowings and diagram to be more clear, so that 35 students of class XI RPL 3 become population obtained 17 (48%) category of students higthmotivation, 14(40%) medium motivation and 4 (11%) low motivation category with 1-3 more questionnaire range. That selected 30% from each of the motivation category was tobe sampled as many as 10 samples where, for hight motivation many 5 students, moderate motivation 4 students, an low motivation 1 student who will be interviewed tobe determine instrinsic or extrinsic motivation with in depth interview, from 10 samples there is only 1 student who has extrinsic motivation

Detail Jurnal