Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Minat Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Labang Kabupaten Bangkalan
    Penulis : Arifin Andra Putra
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau mengambarkan minat belajar siswa berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsitif kualitatif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Labang Kabupaten Bangkalan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar dan angket minat belajar serta pedoman wawancara yang diisi oleh seluruh populasi penelitian dan wawancara dilakukan peneliti kepada sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, ditriangulasi, kemudian dianalisis oleh peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh populasi penelitian, siswa dengan gaya belajar visual sebanyak 9 siswa memiliki minat belajar belajar intrinsik 56 % dan minat belajar ektrinsik 44 %, kemudian siswa dengan gaya belajar audio sebanyak 11 siswa memiliki minat belajar intrinsik 45 % dan minat belajar ektrinsik 55 %, dan siswa dengan gaya belajar kinestetik sebanyak 11 siswa memiliki minat belajar intrinsik 73 % dan minat belajar ektrinsik 27 %. Secara keseluruhan, kecenderungan minat belajar siswa berdasarkan gaya belajar visual adalah minat belajar intrinsik, audio adalah minat belajar ektrinsik, dan kinestetik adalah minat belajar intrinsik.

    Abstraction

    This research aims to describe or illustrate students interest in learning beside on learning style in SMK Negeri 1 Labang Regency of Bangkalan. This research useful qualitative descriptive approach, sample used in this research is all student from class X TKJ 2 of SMK Negeri 1 Labang bangkalan. The instrument used in this research is a questionaire learning style and questionaire interest in learning and interview guidelines filled by the entire study population and interview conducted by researcher to research sample chosen by purposive sampling technique. The data has been collected and then reducted, triangulated, then analyzed by the researcher. The results of this research indicated that of the entire population of research, students with visual learning style as many as 9 students had an intrinsic 56 % interset in learning and an extrinsic learning interest of 44 %, and then the students with audio learning style as many as 11 students had an intrinsc 45 % interest in learning and an extrinsic learning interest of 55 %, and the students with kinestetik learning style as many as 11 students had intrinsic 73 % interest in learning, and an extrinsic learning interest of 27 %. Overall, the inclination of student interest in learning based on visual learning styles in intrinsic learning interest, audio learning style is an extrinsic learning interest, and kinestetic learning style is intrinsic learning interest.

Detail Jurnal