Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X RPL DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN
    Penulis : Sella Ruly Pratami
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran jaringan dasar kelas X RPL di SMK Negeri 2 Bangkalan. Desain dari penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X RPL yang terdiri dari 2 kelas, yaitu X RPL dan X RPL 2 dengan jumlah siswa 50. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar angket. Dari hasil uji signifikan (uji-t) hasil belajar diketahui bahwa thitung = 2,57 > ttabel = 2,069. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran artikulasi terhadap hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa antara pretest dan posttest dilakukan uji gain ternormalisasi sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa aktivitas di kelas eksperimen pada pertemuan pertama memperoleh 77% (baik) dan pada pertemuan kedua memperoleh 80,2% (sangat baik). Secara klasikal respon yang diberikan oleh siswa yaitu 86,45% (sangat baik) yang menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan metode pembelajaran artikulasi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Metode pembelajaran artikulasi, mata pelajaran jaringan dasar, hasil belajar.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the influence of articulation learning method to student learning result on basic network subject X RPL class in SMK Negeri 2 Bangkalan. The design of this research is Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is the students of X RPL class in SMK Negeri 2 Bangkalan consisting of 2 classes, X RPL 1 and X RPL 2 with total 50 students. The sample selection technique used is a saturated sampling technique, in which all members of the population are used as samples. The research instrument uses a learning result test, observation sheet and questionnaire sheet. From the significant test results (uji-t) learning result note that tarithmetic = 2,57 > ttable = 2,069. This shows that is Ho rejected and Ha accepted, so there is a significant influence between articulation learning method to student learning result. Increased student learning result between pretest and posttest was done by normalized gain test of 0,76 with medium criterion. Student activity observation results showed that the activity in experimental class at the first meeting gets 77% (good) and at the second meeting gets 80,2% (very good). The classical response given by the students is 86.45% (very good) which indicates that the students give positive response to the use of articulation learning method in the learning process. Keywords : Articulation learning method, basic network subject, learning result.

Detail Jurnal