Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan MOOC (Massive Open Online Course) Materi Setting Jaringan Menggunakan Mikrotik
    Penulis : Eni Nur Aini
    Dosen Pembimbing I : Wahyudi Agustiono, Ph.D
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menganalisis kelayakan media MOOC (Massive Open Online Course) materi setting jaringan menggunakan Mikrotik. Media ini dibuat khusus untuk siswa kelas XII SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan Sekolah Menengah Kejuruan Agung Mulia, Socah, KabupatenBangkalan. Media ini adalah media berbasis web yang dibuat menggunakanframework Bootstrap, database MySQL dan text editor Notepad++. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Analisis media dilakukan dalam beberapa tahapan, yakni uji ahli materi, uji ahli media, uji fungsionalitas (black box testing), uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa, dengan pembagian 3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dengan rata-rata prosentase uji coba perorangan 90%, uji coba kelompok kecil 88% dan uji coba kelompok besar sebanyak 91%. Kata Kunci : MOOC, Mikrotik, Sekolah Menengah Kejuruan, Black Box Testing

    Abstraction

    This study aims to develop and analyze the feasibility of MOOC (Massive Open Online Course) media for network settings material using Mikrotik. This media is made specifically for students of class XII SMK majoring in Computer Engineering Network Vocational High School Agung Mulia. This media is a webbased media that created using the Bootstrap framework, MySQL for database and Notepad++ as text editor. This media uses ADDIE model. Media analysis was conducted in several stages, ie subject matter expert test, media expert test, functionality test (black box testing), individual testing, small group evaluation and large group evaluation. The test subjects in this study amounted to 42 students, with the division of 3 students for individual trials, 9 students for small group trials and 30 students for large group trials. The results showed that the media developed were feasible to be used with an average percentage of 90% individual evaluation, small group evaluation 88% and large group evaluation of 91%. Key words : MOOC, Mikrotik, Vocational High School, Black Box Testing

Detail Jurnal