Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Unity Pada Materi TCP/IP Kelas XI TKJ Di SMKS Agung Mulia Bangkalan
    Penulis : Mufarrikoh
    Dosen Pembimbing I : Koko Joni, S.T., M.Eng.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran jaringan dasar materi TCP/IP lebih terfokus pada kegiatan praktik, sedangkan pemahaman siswa terhadap materi kurang. Keterbatasan buku panduan seperti buku cetak atau modul berbanding terbalik dengan lengkapnya fasilitas komputer yang disediakan sekolah, namun fasiltas ini belum dimanfaatkan dengan baik oleh siswa. Diperlukan suatu inovasi untuk membantu pemahaman siswa terhadap materi. Inovasi yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan unity pada materi TCP/IP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan unity pada materi TCP/IP dan diuji kelayakannya. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan unity pada materi TCP/IP. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations). Penelitian ini dilakukan di SMKS Agung Mulia Bangkalan. Siswa kelas XI TKJ di SMKS Agung Mulia digunakan sebagai subjek di penelitian ini. Terdapat dua teknik analisa data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil persentase yang diperoleh dari ahli materi sebesar 87% dengan kualifikasi layak. Hasil persentase dari ahli media adalah sebesar 76% dengan kualifikasilayak. Persentase yang diperoleh dari uji coba perorangan adalah sebesar 89% dengan kualifikasi sangat layak. Sedangkan hasil persentase yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil adalah sebesar 83% dengan kualifikasi layak dan hasil persentase uji coba kelompok besar alah sebesar 81% dengan kualifikasi layak. Berdasarkan hasil persentase dari ahli media, ahli materi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan unity pada materi TCP/IP layak digunakan tanpa revisi.

    Abstraction

    Learning of the basic network of TCP / IP material more focused on practical activities while students understanding of the material is less clear. The limitedness such as print books or modules inversely proportional to the complete computer facilities provided by the school, but this facility hasn’t been well utilized by students. An innovation is needed to help students understand the material. Innovation that can be done is to develop interactive multimedia learning media using unity on TCP / IP material. This study aims to develop interactive multimedia learning media using unity on TCP / IP material and tested its feasibility. In addition, this study aims to determine the response of students after using interactive multimedia learning media using unity on TCP / IP material. The research and development model used is ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). This research was conducted at SMKS Agung Mulia Bangkalan. The students of class XI TKJ at SMKS Agung Mulia were used as subjects in this study. There are two techniques of data analysis that is descriptive qualitative and descriptive statistical analysis. The research instrument used is a questionnaire. The result of percentage obtained from material experts to the media is 87% with worthy qualification. The percentage of media experts is 76% with worthy qualifications. The percentage gained from individual trials is 89% with worthy qualification. While the percentage result obtained from small group trial is 83% with worthy qualification and the result of percentage of large group trial is equal to 81% with worthy qualification. Based on the percentage of media experts, individual material testing experts, small group trials and large group trials show that interactive multimedia learning media uses unity in TCP / IP material is worth to be used without revision.

Detail Jurnal