Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Konversi Bilangan Menggunakan Unity 3D Berbasis Android Di SMK Al-Hikam Bangkalan
    Penulis : Ulfa Maisyarah
    Dosen Pembimbing I : Moch. Kautsar Sophan, S.Kom., M.MT.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pembelajaran sistem komputer materi konversi bilangan didominasi oleh metode ceramah dan buku teks tanpa mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Diperlukan suatu inovasi dalam mengembangkan media pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluations). Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Hikam Bangkalan. Siswa kelas X TKJ di SMK Al-Hikam digunakan sebagai subjek di penelitian ini. terdapat dua teknik analisa data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil persentase yang diperoleh dari ahli materi dilihat dari sisi efektivitas, efisiensi dan daya tarik terhadap media adalah sebesar 90% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil persentase dari ahli media adalah sebesar 84% dengan kualifikasi tinggi. Persentase yang diperoleh dari uji coba perorangan adalah sebesar 82% dengan kualifikasi tinggi. Sedangkan hasil persentase yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil dan besar terhadap media adalah sama besarnya yaitu sebesar 87% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil persentase dari ahli media, ahli materi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa media pembelajaran game edukasi dilihat dari sisi efektivitas, efisiensi, dan daya tarik layak digunakan tanpa revisi.

    Abstraction

    The learning of computer systems on number conversion material is dominated by lecture method and textbooks without developing creative and innovative learning media so that the student’s outcomes learning are less of satisfactory. It needs an innovation in developing learning media. The research and development model used in this research is ADDIE consisting of Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations. This research was conducted in SMK Al-Hikam Bangkalan. The students of X TKJ class in SMK Al-Hikam were used as subjects in this study. There are two techniques used to analyze the data that is descriptive qualitative analysis and descriptive statistical analysis. While the research instrument used is a questionnaire. The result of percentage obtained by the material experts viewed from the side of effectiveness, efficiency and interactive to the media is 90% with very high qualification. The percentage results obtained by media experts is equal to 84% with high qualification. The percentage gained from individual is 82% with high qualification. While the percentage results obtained from small and large group is the same magnitude that is equal to 87% with high qualifications. Based on the result of material experts, media experts, individual, small and large group viewed from the side of effectiveness, efficiency and interactive to this education game is Worth of being used without a revised.

Detail Jurnal