Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN GAME EDUKASI 3D STRUKTUR ALGORITMA PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN UNITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK BAHRUL ULUM SURABAYAPenulis : Deny PrasetyoDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S. Kom., M. T.Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M. Pd.Abstraksi
Mata pelajaran pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak. Dalam Mata pelajaran pemrograman dasar terdapat materi struktur algoritma pemrograman. Akan tetapi berdasarkan observasi yang telah dilakukan terdapat beberapa masalah yaitu (1) masih kurang dan terbatasnya media yang digunakan guru dalam penerapan materi struktur algoritma pemrograman, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar algoritma pemrograman, (2) selain itu siswa kurang tertarik untuk belajar algoritma pemrograman dikarenakan dalam penyampaian materi guru selalu menggunakan metode ceramah pada saat mengajar, dan (3) siswa tidak bisa mengembangkan lebih lanjut materi yang disampaikan oleh guru di kelas dikarenakan kurangnya media komputer atau laptop yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menawarkan sebuah solusi yaitu dengan membuat sebuah media pembelajaran berbentuk rancang blok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap game edukasi struktur algoritma pemrograman menggunakan unity berbasis android sebagai media pembelajaran pemrograman dasar di SMK Bahrul Ulum Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana langkah-langkah dalam pengembangan ini harus melalui 5 tahapan, yaitu menentukan analisa (analyze), perancangan desain (design), pengembangan (development), implementasi (inplementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Rata-rata yang didapatkan dari seluruh uji adalah 88% dan termasuk di kualifikasi “tinggi tidak perlu revisi”.
AbstractionBasic subjects that exist in the Department of Software Engineering. Course programming. Based on the observations that have been done there are several things, namely (1) the lack of and limited media used by teachers in the application of algorithmic structure materials, so that students are less motivated to learn algorithm programming, (2) besides the students are less interested to learn algorithm programming team In the process of delivering the material the teacher always uses the lecture method at the time of teaching, and (3) the student can not further develop the material submitted by the teacher in the class causing the lack of computer media or laptop owned by the student. Based on the problem the researchers offer a solution by creating a learning medium. The purpose of this study was to know the quality and respond toward 3D education game algorithm structure programming by using unity android basis as learning process media of basic programming for student in SMK Bahrul Ulum Surabaya. This study used research and developing method. Research model used ADDIE model with its five steps as follow: (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Impementation, (5) Evaluation. The results of research showed that : (1) The average obtained from all tests was 80% and included in the “high qualification does not need revision”