Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar SIswa kelas Xi pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di SMK Siding Puri Sumenep
    Penulis : Romsiyanto
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April 2017 di SMK Siding Puri Sumenep. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Sampel diambil dua kelas, dan dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa te spilihan ganda dengan skor 0-5 sebanyak 20 soal dan 4 pilihan jawaban. Hasil penelitian ini di uji dengan melalui statistik uji “t”. Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 11.8 ternyata lebih besar dari t table sebesar 0.682 padataraf signifikan = 0.05. Sehingga hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar siswa.

    Abstraction

    The aims of this research was to determine the influence of project based learning model to the student achievement.This research has been done at SMK Siding PuriSumenep, on April 2017. The method in the this research is quasi experiment. We used sample divided into experiment dan control classes. Experiment classused multi choice test instrument (0-5 score), whit 20 question and 4 alternative answare. The results of this research are tasted through a statistical test of “t”. Based on calculations obtained for tcountvalue was 11.8 greater that 0.682 at ttablelevel = 0.05 of significance. it can be concluded that Ha starting that there is influence between project based learning to the student achievement. It means that alternative hypothesis (Ha) Keyword :Project Based Learning Model, Student’s Achievement.

Detail Jurnal