Detail Karya Ilmiah

  • Efektivitas Metode Belajar Tutor Sebaya Pada Materi Aplikasi Jaringan Pada Sistem Operasi – operasi Komputer di Kelas X TKJ SMK Nurul Amanah
    Penulis : Ria Irmawati
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tutor sebaya pada mata pelajaran jaringan dasar materi aplikasi jaringan pada sistem operasi – operasi komputer di kelas 10 TKJ putera SMK Nurul Amanah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain quasi eksperimental design.Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu t_(hitung )= 3.649>t_(tabel ) = 2.068dengan ?=5% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya melebihi hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah.siswa kelas yang menggunakan metode tutor sebaya 60% mencapai ketuntasan belajar pada KKM 75. Aktivitas Siswa dan aktivitas guru termasuk kategori “baik”. Serta respon yang diberikan siswa baik dengannilai 82%. Sehingga dapat disimpulkan metode belajar tutor sebaya efektif pada mata pelajaran jaringan dasar materi aplikasi jaringan pada sistem operasi – operasi komputer di kelas 10 TKJ putera SMK Nurul Amanah. Disarankan kepada guru pengajar pengelolaan waktu perlu diperhatikan agar kegiatan pembelajaran dengan metode tutor sebaya berlangsung baik, terutama pada saat pembagian kelompok yang sangat memerlukan waktu. Saat pemilihan tutor sebaya juga harus memperhatikan kemampuan berkomunikasi karena pada penelitian ini diharapkan tutor sebaya dapat menjelaskan dengan bahasanya sendiri.

    Abstraction

    This study aims to determine the effectiveness of Peer teaching methods on the subjects of basic network of application materials on computer operating systems in class 10 TKJ Male SMK Nurul Amanah. This research is a quantitative research using quasi experimental design. Data collection using multiple choice test instrument, data analysis using t-test. The results obtained are = 3.649> = 2.068 with which means Ho is rejected and Ha accepted. Student learning outcomes using Peer teaching methods outweighs student learning outcomes using lecture methods. Class students using Peer teaching method 60% achieve mastery learning at KKM 75. Student activity and teacher activity are categorized as "good". And the response given by students either with a value of 82%. So it can be concluded the method of learning Peer teaching effective on the subject of basic network of application materials on the operating system - computer operations in class 10 TKJ Male SMK Nurul Amanah. It is suggested that the time management teacher should be aware that the learning activities with the peer teaching method take place well, especially when the division of the group that takes time. When the selection of peer teaching must also pay attention to the ability to communicate because in this study is expected peer teaching can explain with his own language.

Detail Jurnal