Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DASAR UNTUK SISWA SMK NEGERI 1 LABANG
    Penulis : Maringan Tua Sinabutar
    Dosen Pembimbing I : Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    T Sinabutar, Maringan. 2018. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Pemrograman Web Dasar Untuk Siswa SMK Negeri 1 Labang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : (I) Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D dan (II) Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd. Pemrograman web dasar materi pembuatan web sederhana disajikan oleh pendidik SMK N 1 Labang dengan mengunakan metode ceramah, buku teks dan e-book tanpa mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Maka dari itu peneliti mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis android sebagai media pembelajaran di SMK Negeri 1 Labang. Selain itu guna mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap multimedia pembelajaran pemrograman web dasar berbasis android untuk materi pembuatan web sederhana. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Kemp & Dayton Ide, Tujuan Khusus pembelajaran, Karakteristik siswa, isi materi (content outline), treatment, developing, editing, and mixing dan testing and revising. Terdapat dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif, sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah angket yang meliputi aspek efektivitas, efisiensi dan daya tarik. Hasil penelitian yang diperoleh dari ahli isi/materi dihasilkan persentase sebesar 95% dengan klasifikasi pencapaian “Sangat Baik, Tidak Perlu Revisi”. Hasil persentase ahli media sebesar 85%, klasifikasi pencapaian “Baik, Perlu Revisi”. Sedangkan hasil persentase uji coba kelompok kecil sebesar 85,7%, klasifikasi pencapaian “Baik, Perlu Revisi” dan uji coba kelompok besar 85,3% klasifikasi “Baik, Perlu Revisi”. Berdasarkan hasil persentase dari ahli isi/materi, ahli media, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar maka mendapatkan kesimpulan bahwa multimedia pembelajaran pemrograman web dasar ditinjau dari aspek efektivitas, efisiensi dan daya tarik layak digunakan dengan terlebih dahulu dilakukan revisi berdasarkan komentar dan saran angket. Kata-kata Kunci: Multimedia Pembelajaran, Tutorial Media Pembelajaran, Pemrograman Web Dasar, Kemp & Dayton.

    Abstraction

    ABSTRACT T Sinabutar, Maringan. 2018. Development of Multimedia Interactive Learning Based Android The Subject of Basic Web Programming For Students SMK Negeri 1 Labang. Thesis. Informatic Education Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisors: (I) Wahyudi Agustiono, S.Kom., M.Sc., Ph.D and (II) Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd. Basic web programming of simple web creation material presented by SMK Negeri 1 Labang used lecture method, textbooks and e-books without developing creative and innovative learning media. Therefore, the researcher develop interactive multimedia based learning in SMK Negeri 1 Labang. In addition to knowing the quality and the response of students to multimedia learning basic web programming based android for simple web creation material. Research Development model which used is by Kemp & Dayton idea, special purpose of learning, characteristics of students, content (content outline), treatment, developing, editing, and mixing, and testing and revising. There are two data analysis techniques namely qualitative descriptive analysis and statistic descriptive, while the research instrument used is a questionnaire covering aspects of effectiveness, efficiency and attractiveness. The result of the research obtained from the content expert/material to the media has a percentage of 95% with the classification of achievement "very good, no revisions needed". The result of a media expert presentation is 85%, the classification of achievement "good, need revision". While the result of the presentation percentage of small group trials is 85,7%, the classification of achievement "good, need revision" and large group trials 85,3% classification "good, need revision". Based on a precentage of content experts/material, media experts, trials of small groups and large groups then get the conclusion that the multimedia learning basic web programming in review of aspects effectiveness, efficiency, and attractiveness worthy of use with the first revision made based on comments and suggestions from each questionnaire. Key Words: Multimedia Learning, Learning Media Tutorials, Basic Web Programming, Kem & Dayton

Detail Jurnal