Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Perakitan Pc Di SMKN 1 Arosbaya
    Penulis : Ach Darori
    Dosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini muncul karena terdapat permasalahan yang terjadi di SMKN Arosbaya salah satunya yaitu hasil belajar siswa yang rendah, yang kami peroleh informasi dari hasil wawancara dengan guru pengampu terkait permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes, yaitu berupa pretest dan postest teknik analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas, uji regresi linier sederhana dan uji t. Data yang diperoleh pada sample penelitian ini berdistribusi normal dan homogen, sedangkan pada uji linier diperoleh data pretesr dan posttest berpola linier dan pada uji regresi linier sederhana terdapat peningkatan hasil posttest siswa, pada uji t diperoleh t_hitung = 2,3756 > t_tabel = 2,0739 artinya bahwa t_hitung > t_tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa.. Kesimpulanya adalah Model pembelajaran Project Based Learning dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan hasil belajar siswa pada pelajaran perakitan Pc.

    Abstraction

    This research there are because problem occer of SMKN 1 Arosbaya one of them is low students learning result, this is we information from interview result with the teacher related is sues. The purpose of this research to know influence of Project Based Learning model of students learning result of X grade TKJ SMKN 1 Arosbaya. And this research. This research is experimental research which used kuantitative opproach. The instruments used pretest and postest, the analychal normally test, homogeinity test, linearity test, simple regression test and t- test. Date is get at sample normally distributed while in homogeneons , t- test obtained t_hitung = 2,3756 > t_tabel = 2,0739 so, can concluded that t_hitung > t_tabel so Ho rejected and the be accepted. Conclusion is Project Based Learning can use for solving problem student learn result assembly pc.

Detail Jurnal