Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Instalasi Pengujian Pheriperal Ditinjau Dari Kepribadian Siswa Di SMK Negeri 1 arosbaya
    Penulis : Megi Aprilla Samudera Fahat
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Muchamad Arif, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan atau menggambarkan motivasi belajar siswa SMKN 1 Arosbaya yang ditinjau dari kepribadian siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ di SMKN 1 Arosbaya. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian direduksi, dan ditriangulasikan, kemudian dianalisis oleh penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan atau menggambarkan motivasi belajar siswa pada materi instalasi pengujian pheriperal yang ditinjau dari kepribadian siswa di SMKN 1 Arosbaya. Kepribadian ekstrovert merupakan individu yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, sedangkan kepribadian introvert merupakan individu yang dicirikan pendiam. Motivasi intrinsik adalah motivasi yang timbul dari dalam diri sendiri tanpa adanya pengaruh dari orang lain, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang timbul karena pengaruh orang lain. Hasil dari penelitian ini yaitu Jumlah dari siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert adalah 12 siswa terdiri dari 7 siswa yang memiliki jenis motivasi belajar ekstrinsik dan 5 siswa yang memiliki jenis motivasi intrinsik, dengan jumlah presentasi motivasi ekstrinsik yaitu 36% sementara jumalah presentasi motivasi intrinsik yaitu 63% . Sedangkan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert berjumlah 11 siswa terdiri dari 4 siswa yang memiliki jenis motivasi intrinsik dan 7 siswa yang memiliki jenis motivasi ekstrinsik, dengan jumlah presentasi motivasi ekstrinsik yaitu 58% sementara jumlah presentasi motivasi intrinsik yaitu 41%.

    Abstraction

    The purpose of this study to describe or describe the motivation of students learning SMKN 1 Arosbaya in terms of student personality. This research uses descriptive qualitative approach. Informants used in this study are all students of class X TKJ in SMKN 1 Arosbaya. Data collection used were questionnaires, interviews, and documentation. The data has been collected and then reduced, and in triangulation, then analyzed by research. The purpose of this research are: (1) to describe or describe student's learning motivation on material of pheriperal examination examination from student's personality in SMKN 1 Arosbaya. Extroverted personality is an individual who is easy to adapt to the environment, while the introverted personality is a quietly characterized individual. Intrinsic motivation is the motivation that arises from the self in the absence of influence from others, while extrinsic motivation is the motivation that arise because of the influence of others. The result of this study is the number of students who have introverted personality type is 12 students consisting of 7 students Have extrinsic learning motivation and 5 students who have intrinsic type of motivation, with 36% extrinsic motivation presentation amounting to 36% while the presentation of intrinsic motivation is 63%. While the students who have introverted personality type are 11 students consist of 4 students who have intrinsic motivation type and 7 students who have extrinsic motivation type, with the number of extrinsic motivation presentation that is 58% while the amount of intrinsic motivation presentation is 41%.

Detail Jurnal