Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEB (GNOMIO) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAKITAN KOMPUTER DI KELAS X RPL SMKN 2 BANGKALAN
    Penulis : Imroatul Hamidah
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd,. M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd,. M.Pd
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Web (gnomio) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer di kelas X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2017 ini menggunakan metode kuantitatif dengan disaen Quasi Experimental jenis Nonequivaent Control Group Design. Pengambilan data sampel dilakukan mengggunakan teknik Sampling Jenuh dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa berupa soal pilihan ganda, lembar observasi dan angket. Data yang diperoleh dari hasil tes soal pilihan ganda dianalisis dengan uji statistik. Nilai pretest dan posttest diuji dengan rumus Lilliefors, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana dan uji signifikan (uji t). Dari hasil Uji Regresi Linier sederhana menunjukkan pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis web dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 0,65. Sedangkan dari uji signifikan (Uji t) hasil belajar diketahui bahwa thitung = 4,102 ? ttabel = 2,069. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis web (gnomio) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perakitan Komputer di kelas X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. Hasil observasi aktivitas guru secara klasikal memperoleh rata-rata 83% dengan katagori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa secara klasikal memperoleh rata-rata 80,4% dengan katagori sangat baik. Hasil angket respon siswa secara klasikal berkatagori sangat baik sebesar 90,3%. Kata-kata Kunci : E-learning (Gnomio), Hasil Belajar Siswa

    Abstraction

    Abstract This study aims to determine the effect of learning using Web-based e-learning (gnomio) media on student learning outcomes in Classroom Computer Assembly Class X RPL SMK Negeri 2 Bangkalan. The study, conducted in April 2017, uses a quantitative method with Quasi Experimental disapment type Nonequivaent Control Group Design. Sampling data were collected using the Saturated Sampling Technique in which the entire population was used as a sample of 25 students for the experimental class and 25 students for the control class. Data retrieval using student learning test instrument in the form of multiple choice questions, observation sheet and questionnaire. Data obtained from multiple choice test results were analyzed by statistical tests. The pretest and posttest values were tested by Lilliefors formula, homogeneity, linearity, simple linear regression and significant test (t test). From the results of Simple Linear Regression Test shows web-based learning e-learning media can improve student learning outcomes of 0.65. While from the significant test (t test) the result of learning is known that tarithmetic = 4,102 ? ttable = 2,069. This means Ho is rejected and Ha accepted, it means there is influence of web-based learning e-learning media on student learning outcomes on the subjects of Computer Assembly class X RPL in SMK Negeri 2 Bangkalan. The result of observation of teacher activity in class gets 83% average with very good category. The result of observation of student activity in classical get 80,4% average with very good category. The result of questionnaire of student response is classified very good category by 90,3%. Key Words: E-learning (Gnomio), Student Learning Outcomes

Detail Jurnal