Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM OPERASI KELAS X TKJ SMK NURUL AMANAH BANGKALANPenulis : ALIFYANA NINDYA NANDADosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.pdDosen Pembimbing II :SIGIT DWI SAPUTRO, S.pd., M.pdAbstraksi
Penyebab rendahnya ketuntusan belajar pada mata pelajaran Perakitan Komputer karena model pembelajaran yang digunakan di kelas kurang tepat, sehingga mengakibatkan siswa kurang tertarik untuk belajar dan berimplikasi pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dan hasil belajar itu sendiri. Pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat merupakan masalah yang perlu dicari alternatif penyelesaiannya, karena pemilihan model pembelajaran yang tepat merupakan hal dasar yang dapat berpengaruh besar terhadap jalannya proses pembelajaran, dan lebih dari itu secara langsung dapat berpengaruh pula terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem operasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMK Nurul Amanah dengan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas X TKJ PI sebagai kelas kontrol dan kelas X TKJ PA sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest, lembar pengamatan terhadap guru dan siswa. Tes hasil belajar dianalisis menggunakan uji statistik. Dari hasil penelitian menggunakan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 9,461 dan ttabel sebesar 2,069, sehingga thitung lebih dari ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Sistem Operasi.
AbstractionOne of the cause of the low rate of students’ success in learning Computer Assembly because of the used of inappropriate learning method which make the students lack of their interesting to learn and it has impact to the students’ understanding. However, the used of inappropriate method needs to be solved since it is the basic thing which has much influences to the learning process; moreover, it also has influences to the objectives of the learning and students’ learning outcomes. The purpose of this study is to determine the effect of using Jigsaw cooperative learning model to the students’ learning outcomes in operating system materials. This research approached to quantitative research which used Quasi Experimental Design and Nonequivalent Control Group Design. Completely, this research was conducted at SMK Nurul Amanah which used saturated sample method that all members of population which X TKJ PI as control group and X TKJ PA as experimental group. In other hand, the instrument that used was a test which in the form of pretest and posttest, the observation sheet both of teachers and students, and the result of the test was analyzed using statistical tests. The result of the research used significance which showed 9,461 and 2,069 as the table; therefore,it is showed that Ho was rejected and Ha was accepted. Consequently, it can be concluded that there is the effect of using Jigsaw as the cooperative learning model to the students’ learning outcome. Keywords: Learning outcome, Cooperatif Learning Model, Jigsaw, Operating System.