Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DILENGKAPI PANDUAN PRAKTIKUM PADA MATERI INSTALASI SISTEM OPERASI BERBASIS TEXT TERHADAP HASIL BELAJARPenulis : Joni FrastiyoDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd, M.Pd.Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas X TKJ SMK Ibnu Cholil Bangkalan diantaranya model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional, siswa lebih terfokus pada mengingat tanpa memahami konsep dan materi yang diajarkan sehingga aktivitas dan hasil belajar menjadi rendah. Model inkuiri adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menyelidiki, artinya menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi, pemahaman siswa tentang konsep materi dapat meningkat sehingga aktivitas dan hasil belajar yang baik dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri dilengkapi panduan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi instalasi sistem operasi berbasis teks. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan tipe nonequivalent control group design. Desain penelitian ini memiliki dua sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut tidak dipilih secara acak (random). Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan (treatment), sedangkan kelas kontrol tidak diperikan perlakuan. Metode tersebut didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data meliputi lembar observasi, angket dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh data dengan t_hitung > t_tabel yaitu 8,014 > 2,086 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor pretest kelompok eksperimen dengan rata-rata skor posttest kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya pembelajaran berbasis inkuiri berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar siswa kelas X TKJ SMK Ibnu Cholil Bangkalan pada materi instalasi sistem operasi berbasis teks.
AbstractionProblems that occur in the implementation of learning on the ten grade students’ TKJ SMK Ibnu Cholil Bangkalan including learning model used still using conventional model, students are more focused on remembering without understanding the concepts and materials taught so that the activities and learning result to be low. The inquiry-based learning is one of the learning models that emphasizes the maximum student activity to search and investigate, meaning to put students as subject of learning. By applying a modified free inquiry, the students' understanding about the concept of the material can be increased so that the activity and the good learning result can be achieved. This purpose of this research is to know the effect of Inquiry-Based Learning equipped with a practical guide to student learning result on the installation of text-based operating system. The research on this thesis uses quasi-experimental design method with nonequivalent control group design type. The design of this study has two samples, namely experimental class, and control class. Both classes are not randomly selected. The experimental class is the class given treatment, while the control class is not treated treatment. The method is supported by data collection techniques including observation sheets, questionnaires, and tests. Based on the analysis of hypotheses test showed t_count > t_table that is 8,014> 2,086 which mean there is a significant difference between mean score of pretest experiment group with an average posttest score on the control group. In conclusion, the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (Ho) is rejected, meaning that the inquiry-based learning has a significant effect on the learning result of ten grade students’ TKJ SMK Ibnu Cholil Bangkalan on the installation of text-based operating system.