Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PROTOKOL JARINGAN DI SMKS AL-HIKAM BANGKALAN
    Penulis : Vidy Shagarudin
    Dosen Pembimbing I : Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Abstrak Shagarudin, Vidy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Protokol Jaringan Di SMKS Al-Hikam Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Program Sarjana Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : (I) Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd., dan (II) Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata-kata Kunci : pendidikan, model pembelajaran creative problem solving, protokol jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap hasil belajar pada materi protokol jaringan kelas X TKJ materi Protokol Jaringan di SMKS AL-Hikam Bangkalan. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non equivalent Control Grup Design. Penelitian menemukan bahwa : (1) Hasil perhitungan regresi linier sederhana pada data setelah perlakuan (postest) diperoleh persamaan regresi Y ? = 46,142 + 0,7062X dengan nilai korelasi sebesar 0,819 dimana thitung sebesar 7,549 lebih dari ttabel sebesar 2,048, dengan demikian Ho ditolak. Oleh karena thitung berada pada daerah penolakan Ho positif, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan model creative problem solving terhadap hasil belajar siswa pada materi protokol jaringan; (2) Hasil analisis keterlaksaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas guru pada pertemuan pertama terlaksana sebanyak 19 dan 3 tidak terlaksana dengan nilai presentase sebesar 86,3% dengan kategori baik. Pada pertemuan kedua dari 24 kegiatan pembelajaran 23 terlaksana dan 1 tidak terlaksana dengan nilai presentase sebesar 95,8% dengan kategori sangat baik. Sedangkan keterlaksanaan pembelajaran ditinjau dari aktivitas siswa pada pertemuan pertama secara klasikal menunjukan angka sebesar 77,33% dan pada pertemuan kedua secara klasikal diperoleh nilai sebesar 77,33%, dari pertemuan pertama dan kedua termasuk dalam kategori sangan baik.

    Abstraction

    Abstract Shagarudin, Vidy. 2017. The Influence of the Learning Model of Creative Problem Solving (CPS) towards the Study Result of Students Cognitive on Network Protocol Subject at SMKS Al-Hikam Bangkalan. Thesis, Informatics Education Study Program, Bachelor Degree of University of Trunojoyo Madura. Advisors : (I) Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd., and (II) Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Key Words : education, learniang model of creative problem solving, network protocol. This study aims to know the influence of the learning model of Creative Problem Solving (CPS) towards the study result on network protocol class X TKJ at SMKS AL-Hikam Bangkalan. This study uses the quantitative method by Quasi Eksperimental Design. The design which is used in this study is Non equivalent Control Grup Design The study finds that: (1) the result of simple linier regression in the data after the treatment (postest) obtained the similarity regression Y ? = 46,142 + 0,7062X with the correlation grade in the amount of 0,819 where tcount in the amount of 7,549 more of ttable in amount of 2,048, so that Ho is rejected. Because of that tcount is in the rejection territory of Ho positive, so it can be concluded that there is the positive significant influence model of creative problem solving towards the result study of the students on network protocol subject; (2) The result analysis of doing the learning seen from the activity of the teachers in the first meeting is carried out as many as 19 and 3 is not carried out with presentation grade as many as 86,3 % by good category. In the second meeting from 24 learning activities 23 are carried out and 1 is not carried out with presentation grade as many as 95,8% by very good category. Meanwhile the carried out of the learning seen from the students activities in the first meeting classically shows the numeral in amount of 77,33% and in the second meeting classically is obtained the grade in amount of 77,33% from the first and second meeting include in very good category.

Detail Jurnal