Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KAMUS WEBSITE MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN
    Penulis : Hidayat Adi Kusuma
    Dosen Pembimbing I : Arif Muntasa
    Dosen Pembimbing II :Ariesta Kartika Sari
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran pemrograman web dilatarbelakangi oleh pemanfaatan media yang semakin maju yaitu menggunakan gadged berupa smartphone berbasis android. Pada umumnya guru menyampaikan materi memanfaatakan media buku, papan tulis, dan LCD Proyektor. Oleh karena itu, diperlukan inovasi media yang sesuai perkembangan zaman. Penegmbang mempunyai inisiatif media belajar berbasis android untuk membantu siswa dalam memahami pelajaran pemrograman web dalam lingkup sript yaitu berupa kamus. Model pengembangan yang dibuat digunakan untuk dikembangkan dan diuji keefektifan dari produk media pembelajaran tersebut. Prosedur pengembangan mengikuti model ADDIE. Instrumen dalam pengembangan ini menggunakan wawancara tidak terstruktur dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran dari penilaian ahli media pembelajaran sebesar 83%, penilaian validasi materi pembelajaran sebesar 88%, penilaian uji coba perorangan sebesar 96%, penilaian uji coba kelompok kecil sebesar92% dan penilaian uji coba kelompok besar sebesar 80%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran “Kamus PeWe” berbasis android dapat digunakan sebagai media pembelajaran sistem operasi. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran kamus website, pemrograman web

    Abstraction

    ABSTRACT The development of web programming learning media is motivated by the use of increasingly advanced media, namely using gadged in the form of Android-based smartphones. In general, teachers deliver material utilizing media books, blackboards, and LCD projectors. Therefore, media innovation is needed in accordance with the times. Penegmbang has an Android-based learning media initiative to help students understand web programming lessons in the scope of sript, namely in the form of a dictionary. The development model created is used to develop and test the effectiveness of the learning media products. The development procedure follows the ADDIE model. Instruments in this development used unstructured interviews and questionnaires. The data analysis technique used is descriptive qualitative and quantitative techniques. The results of the development of learning media from the assessment of learning media experts amounted to 83%, the assessment of learning material validation was 88%, the assessment of individual trials was 96%, the assessment of small group trials was 92% and the assessment of large group trials was 80%. These results indicate that the Androidbased "Web Programming Dictonary" learning media can be used as an operating system learning media. Keywords: development, website dictionary learning media, web programming

Detail Jurnal