Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Game Educative Berbasis Android Untuk pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Sekolah Dasar
    Penulis : Muhammad Trio Maulana Putra
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.T.
    Abstraksi

    Mata pelajaran matematika dengan materi bangun ruang pada kelas 5 merupakan mata pelajaran yang mengajarkan kepada siswa tentang jaring-jaring dan sifat-sifat bangun ruang. Selama ini dalam mengajarkan materi terkait bangun ruang guru hanya menggunakan media buku. Media buku dirasa kurang maksimal karena hanya menyajikan materi dalam bentuk teks dan gambar saja sehingga siswa mudah merasa jenuh, oleh karena itu diperlukan inovasi baru terkait media pembelajaran. Media pembelajaran game educative berbasis android merupakan salah satu solusi untuk dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik. Game Educative merupakan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi atau MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game educative berbasis android pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang untuk siswa sekolah dasar. Pengembangan game educative bertujuan untuk mempermudah siswa belajar secara mandiri kapanpun dan dimanapun melalui perangkat android. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D dengan empat tahap yaitu: Difine (pendefinisian), Design (desain), Development (pengembangan), dan Dissemination (penyebarluasan). Berdasarkan hasil penelitian peneliti menemukan bahwa: (1) siswa lebih senang belajar menggunakan game educative berbasis android karena dapat bermain sambil belajar, (2) game educative berbasis android dapat menambah minat belajar siswa, (3) game educative berbasis android layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

    Abstraction

    The mathematic subject of geometry, taught to the fifth grade of elementary students, educates them about nets and characteristics of geometry. During this day, the teacher still teaches it by using textbooks as the one only of media used in the teaching and learning process. Textbooks was bored as the students only faced texts and images. therefore, a new media inovation should be established. Educative game, android based mobile application, is greater solution to make mathematics learning situations be more attractive. Educative game is the learning media that utilizes the development of technology or ILM (Interactive Learning Multimedia). This research was used to develop educative game through android based mobile application on the mathematic subject of geometry for elementary students. The objective of this study is used to facilitate the students’ easy self-access learning whenever and wherever they are through android based mobile application. The research methodology used followed the steps of the development method of 4D model (define; design; development; and dissemination). Based on the results of research, the researcher found that 1) the students excited in their learning behavior by using android based mobile application ‘educative game’, because they can learn by playing, 2) Android based mobile application ‘educative game’ increased the students’ learning motivation, and 3) Android based mobile application ‘educative game’ is appropriately used for learning media.

Detail Jurnal