Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGOLAHAN INFORMASI KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) DI SMK AL-HIKAM BANGKALAN
    Penulis : Deca Rizky Dwi Haryanto
    Dosen Pembimbing I : Eka Mala Sari Rochman, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi (KKPI) adalah dasar pengetahuan teknologi informasi bagi generasi masa depan. Sekolah Mengengah Kejuruan Al-Hikam Bangkalan memiliki masalah kurangnya media pembelajaran yang menarik minat peserta didik untuk belajar aktif. Fasilitas wifi, belum termanfaatkan oleh guru dengan baik. Perlu adanya pembelajaran yang memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis web untuk membantu peserta didik belajar aktif dan mandiri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK Al-Hikam Bangkalan. subjek penelitian adalah siswa kelas 12 TKR di SMK Al-Hikam. Terdapat dua teknik analisa data yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Hasil persentase yang diperoleh dari ahli materi dilihat dari sisi efektivitas, efisiensi dan daya tarik terhadap media adalah sebesar 90% dengan kualifikasi sangat tinggi. Hasil persentase dari ahli media adalah sebesar 83% dengan kualifikasi tinggi. Persentase yang diperoleh dari uji coba perorangan adalah sebesar 80% dengan kualifikasi tinggi. Sedangkan hasil persentase yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebesar 86% dengan kualifikasi tinggi. Dan hasil uji coba kelompok besar terhadap media sebesar 78% dengan kualifikasi tinggi. Berdasarkan hasil persentase dari ahli media, ahli materi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa E-learning Berbasis Web dilihat dari sisi efektivitas, efisiensi, dan daya tarik layak digunakan.

    Abstraction

    The subjects of computer skills and information processing (KKPI) is a basic knowledge of information technology for future generations. Vocational School of Mengengah Al-Hikam Bangkalan has the problem of a lack of learning media that interest learners to learn on. Wifi facility, has not been termanfaatkan by the teacher well. Need for learning that utilizes the facilities at the school. This research aims to develop media web based e-learning to help students learn to be active and independent. The development model used in this study is a model of ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). This research was conducted at SMK Al-Hikam Bangkalan. the subject of research is the grade 12 TKR in SMK Al-Hikam. There are two techniques of data analysis i.e. analysis descriptive qualitative and descriptive statistical analysis. Research instrument used is a question form. The results obtained from the percentage of expert material seen from the effectiveness, efficiency and appeal against the media is of 90% with very high qualifications. The result is a percentage of the media expert of 83% with high qualifications. The percentage obtained from individual trials was of 80% with high qualifications. While the percentage of results obtained from test run small group of 86% with high qualifications. And the trial results to the media group of 78% with high qualifications. Based on the percentage of the media expert, expert individual test materials, test a small group and large group testing shows that E-learning Web-based views of the effectiveness, efficiency, and the appeal of feasibility.

Detail Jurnal