Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION PADA MATERI CASCADING STYLE SHEET KELAS X-TKJ DI SMK NEGERI 1 LABANG
    Penulis : Yogi Tri Cahya Salam
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based instruction (PBI) pada materi cascading style sheet (CSS) kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Penelitian ini merupakan penelitian k uantitatif yang menggunakan desain quasi eksperimental design. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, analisis data menggunakan ketuntasan belajar siswa, uji-t dan uji gain. Kelas eksperimen diterapkan model PBI. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen mencapai 81%. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol, dibuktikan dengan uji-t yaitu thitung 4,306 lebih besar daripada ttabel 1,697. Aktivitas Siswa tergolong aktif dengan persentase 73% dan aktivitas guru termasuk kategori “sangat baik” dengan persentase 94%, didukung dengan keterampilan guru mencapai persentase 92% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran adalah baik dengan persentase 77%. Sehingga dapat disimpulkan model PBI efektif pada mata pelajaran pemrograman web materi CSS di kelas 10 TKJ SMK Negeri 1 Labang. Kata Kunci: Efektivitas, Model Problem Based Instruction, Materi Cascading Style Sheet.

    Abstraction

    The purpose of this research is to know the effectiveness of the problem based on the instruction (pbi) learner model at cascading style sheet (css). The study case is in X Tkj class SMKN 1 Labang. This analysis used quantitative research which used the quasi experimental design. The data is taken by using instrument form multiple choice. The analysis of the data uses completeness student learning uji-t and uji gain. Experiment class applied pbi model. The result of this research shows mastery of student learning experiment class reached 81 %. The result mastery of student learning experiment class is better than the result of control class. It can be proved by using uji-t that is thitung 4,306 greater than ttabel 1,607. The student activity classified active which percentage 73% and teacher activity included “very good” category which percentage 94 % supported teacher skill reached 92% in very good category. The respond of the students toward learner is good which shows 77% percentage. So, it can be concluded pbi model is effective in programming web material css in 10 tkj class SMKN 1 Labang. Keywords: Effectiveness, Problem Based instruction Model, Cascading Style Sheet.

Detail Jurnal