Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X MATERI INSTALASI SISTEM OPERASI DI SMK NEGERI 1 AROSBAYA BANGKALANPenulis : ARIEF JUNEDYDosen Pembimbing I : ARIESTA KARTIKA SARI, S.Si., M.PdDosen Pembimbing II :SIGIT DWI SAPUTRO, S.Pd., M.PdAbstraksi
Kata Kunci: Metode Simulasi, Hasil Belajar, Instalasi Sistem Operasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar kognitif siswa materi instalasi sistem operasi kelas X TKJ SMK Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 50,78 dan 75,8 sedangkan pada kelas kontrol memperoleh 49,47 dan 73,94. Hasil perhitungan regresi linier sederhana data setelah diberi perlakuan diperoleh persamaan regresi Y = 44.70 + 0.656.X dengan nilai korelasi r = 0,924, maka metode pembelajaran simulasi berhubungan positif terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan hasil penelitian adanya pengaruh penggunaan metode simulasi terhadap hasil belajar siswa materi instalasi sistem operasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 11, 642 > ttabel = 2,068, maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran simulasi terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hasil observasi aktivitas guru secara persentase memperoleh rata-rata 86,95% dengan kategori tinggi dan hasil observasi aktivitas siswa secara persentase memperoleh rata-rata 2,34 dengan kategori baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
AbstractionKeywords: Simulation Method, operating system installation learning results This study aims to determine the effect of simulation learning method on students' cognitive learning outcomes of class X operating system installation materials TKJ SMK Negeri 1 Arosbaya Bangkalan. This research uses quantitative method with Quasi Experimental research design of Nonequivalent Control Group Design type. The samples used in this study were 25 students using saturated sampling technique. Data collection using student learning test instrument, teacher activity observation sheet and student activity. The results showed that the average pretest and posttest of the experimental class were 50,78 and 75,8 while the control class obtained 49,47 and 73,94. Results of simple linear regression calculation data after the treatment obtained regression equation Y = 44.70 + 0.656.X with correlation value r = 0.924, then the method of simulation learning is positively related to student learning outcomes. Based on the findings of research results the influence of the use of simulation methods on student learning outcomes operating system installation materials. This is shown from the results of hypothesis test obtained tcount = 11, 642> ttable = 2.068, then Ho is rejected, meaning there is a significant influence on the method of learning simulation of student cognitive learning outcomes. The result of observation of teacher activity in percentage get average 86,95% with high category and observation result of student activity by percentage get average 2,34 with good category. From this research can be concluded that the method of learning simulation effect on student learning outcomes.