Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS UNITY UNTUK SISWA KELAS X TKJ SMKPenulis : SumiatunDosen Pembimbing I : Arik Kurniawati, S.Kom., M.TDosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Sumiatun. 2018 Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Hardware Komputer Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Unity Untuk Siswa Kelas X Tkj Smk Skripsi, Pendidikan Informatika, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing: (I) Arik Kurniawati, S.Kom, M.T., dan (II) Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Augmented Reality, unity, Pengenalan Hardware Materi pengenalan perangkat keras komputer merupakan materi yang membahas tentang pengenalan perangkat keras yang merupakan komponen penyusun komputer. Maka untuk mempelajari materi pengenalan perangkat komputer siswa dituntut untuk memiliki kemampuan menghafal dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran tentang pengenalan perangkat keras komputer yang berupa augmented reality berbasis android untuk membantu siswa dalam memahami bagaimana bentuk nyata perangkat keras komputer pada materi pengenalan perangkat keras komputer Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan melalui 5 tahap uji coba untuk memperoleh nilai efektivitas, efisiensi, dan daya tarik produk. Pertama uji coba ahli materi, kedua uji coba ahli media, ketiga uji coba kelompok kecil, keempat uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh game edukasi dari : (1) Ahli materi mendapatkan nilai 80% dengan kualifikasi“tinggi”, (2) Ahli media diperoleh nilai 78,33% dengan kualifikasi “tinggi”, (3) uji coba siswa kelompok kecil diperoleh nilai 85,9% dengan kualifikasi “tinggi”, (4) uji coba siswa kelompok besar diperoleh nilai 86,2% dengan kualifikasi “tinggi”. Dengan demikian augmented reality perangkat keras komputer yang dikembangkan ini memiliki nilai efektifitas, efisiensi, dan daya tarik yang tinggi sebagai media pembelajaran pengenalan hardware komputer.
AbstractionABSTRACT Sumiatun. 2018. Development of Learning Media Introduction of Computer Hardware Using Unity Based Augmented Reality Technology For Students of Class X TKJ SMK Thesis, Education of Informatics, Trunojoyo University Madura. Lecturers: (I) Arik Kurniawati, S. Kom., M.T., and (II) Sigit Dwi Saputro, S.Pd., M.Pd. Keywords: Learning Media, Augmented Reality, unity, Hardware Introduction Computer hardware introduction material is a material that discusses the introduction of hardware that is the components of composing the computer in order to learn the introduction of computer equipment students are required to have a good the ability to memorize well. This study aims to develop a learning media about the introduction of computer hardware in the form of augmented reality based on android to assist students in understanding how the real form of computer hardware on the material introduction of computer hardware This research uses development research method based on ADDIE Model Development (Analysis, Design, Development, Implementation,Evaluation). In this research, there are 5 stages of testing to obtain the effectiveness, efficiency, and attractiveness of the product. The first is a content / material expert test, second is a learning media design expert test, third is one to one testing, fourth is small group testing, fifth is large group testing (field testing). The results of research showed that the value obtained from educational games from: (1) Material experts get the value of 80% with "high" qualifications, (2) Media experts obtained the value of 78.33% with high "qualification", (3) small group student test obtained value 85.9% with "high" qualifications, (4) large group student trials gained 86.2% with "high" qualifications. Thus augmented reality computer hardware developed this has a value effectiveness, efficiency, and high attractiveness as a learning media introduction of computer hardware.