Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI APLIKASI JARINGAN PADA SISTEM OPERASI KOMPUTER KELAS X TKJ DI SMK NURUL AMANAH BANGKALAN
    Penulis : Fitria Marlia Ulfa
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari S.Si.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Aplikasi jaringan pada sistem operasi komputer. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan Juni 2017 ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest dan posttest. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 19 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu = 2,331568 > = 2,0639 dengan yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model inquiry inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi Aplikasi jaringan pada sistem operasi komputer kelas X TKJ di SMK Nurul Amanah Bangkalan. Rata-rata hasil akhir belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pretest kelas eksperimen 38 dan posttest kelas eksperimen 77,00. Pretest kelas kontrol 27,368 sehingga posttest kelas kontrol 57,63. dengan kesimpulan model inquiry training layak digunakan sebagai penelitian. Disarankan kepada pihak sekolah hendaknya memberikan dukungan proses pembelajaran pada model inquiry training dengan memfasilitasi penggunaan internet disekolah sebagai alat bantu dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat belajar mandiri dan guru jaringan dasar khususnya di SMK menggunakan model inquiry training dalam pembelajaran agar membuat siswa tidak merasa bosan. Kata Kunci : Inquiry Training, Hasil Belajar Siswa

    Abstraction

    This research aims to determine the influence of Inquiry Training Model to Students learning outcomes on Network Applications in Computer Operating System The research done on June 2017 used quasi experiment method with pretest dan posttest design This research sample is amount 25 students for experiment class and 19 students for control class. Data Collection used multiple choices test instrument, data analysis used t-test. The outcomes of this research were obtained = 2,331568 > = 2,0639 with , which Ho is rejected and Ha is accepted, so there is influence on inquiry training model to students learning outcomes on Network Applications in Computer Operating System, Class X Network Computer Engineering in Vocational High School Nurul Amanah Bangkalan. The last outcomes average of students learning run into enhancement that were experiment class pretest earned 38 and experiment class posttest earned 77,00. Class control pretest earned 27,368 and class control posttest earned 57,63. With conclusion inquiry training model is feasible to used as research. Recommended to the school should provide support for learning process to inquiry training model by providing internet access in school as learning tools, so that students are able to study independently and the teachers of basic network specially in Vocational High School use inquiry training model in learning to make students not feel bored. Keywords : Inquiry Training , Student Learning Outcomes.

Detail Jurnal