Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh metode pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemograman dasar di SMKN 2 Bangkalan
    Penulis : IKHDA EL HAWA
    Dosen Pembimbing I : MEDIKA RISNASARI, S. ST., M. T.
    Dosen Pembimbing II :SIGIT DWI SAPUTRO, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di siswa kelas 10 TKJ SMKN 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan desain penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Prosedur dalam penelitian ini ada 3 tahap yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyusunan hasil penelitian. Penelitian menemukan bahwa : hasil belajar bagi siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together lebih tinggi secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan dengan thitung = 2,4612 > ttabel = 2,0484, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe kelas 10 TKJ di SMKN 2 Bangkalan. Hasil analisis uji gain ternormalisasi memperoleh rata-rata 0,55 dengan kategori “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan dari hasil uji signifikansi didukung dengan hasil uji gain diperoleh bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian menyarankan : (1) Bagi guru, sebaiknya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) lebih sering lagi. Karena pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) dapat dikolaborasikan dengan metode, strategi, dan pendekatan pembelajaran lainnya.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of learning model cooperative type numbered heads together against the results of learning students in the subjects of basic programming in 10th grade students TKJ SMKN 2 Bangkalan. This research uses quantitative research type and quasi experimental design design with non equivalent control group design. The procedure in this research there are 3 stages namely (1) preparation stage, (2) implementation stage, and (3) stage of preparation of research result.The study found that: learning outcomes for students learning using cooperative learning model numbered heads together were significantly higher than learning outcomes for students learning using conventional learning model lectures. This is evidenced by thitung = 2.4612> ttable = 2.0484, then Ho is rejected and Ha accepted, it means there is a significant influence model of cooperative learning type class 10 TKJ in SMKN 2 Bangkalan. The normalized gain test results obtained an average of 0.55 with the "Medium" category. So it can be concluded that by using cooperative learning model type numbered heads together (NHT) can affect student learning outcomes. Research suggests: (1) For teachers, should be implemented a model of learning cooperative type numbered heads togehter (NHT) more often again. Because of learning cooperative type numbered heads togehter (NHT) influential on the results of learning students. (2) A model of learning cooperative type numbered heads together (NHT) can in collaboration with the method, a strategy, and the learning other.

Detail Jurnal