Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Media Pembelajaran Visual Grafis Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Kelas X TKJ di SMKN 1 Arosbaya
    Penulis : Firdaus romadoni
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Permasalahan belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Operasi karena sistem mengajar masih mengunakan metode ceramah sehingga siswa untuk belajar di dalam kelas menjadi kurang menarik dan siswa menunjukkan kekurang pahaman dalam pembelajaran selanjutnya. Karena sistem pembelajaran atau cara mengajar guru di dalam kelas merupakan hal dasar yang dapat berpengaruh besar terhadap tercapainya tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini di harapkan media pembelajaran yang menjadi solusi dalam permasalahan kurangnya pemahaman siswa, pembelajaran sistem operasi di SMK negeri 1 Arosbaya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem operasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Arosbaya dengan sampel yang digunakan sampel jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu kelas TKJ A sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJ B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar yang berupa pretest dan postest, lember pengamatan dari guru dan siswa. Tes menggunakan uji signifikan diperoleh thitung sebesar 18.662 dan ttabel sebesar 2,068,sehingga thitung lebih dari ttabel dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penilitian ini ada pengaruh media pembelajaran visual grafis mind mapping

    Abstraction

    Problems of students learning in the course of Operation System is because the teaching system still used the discourse method so that the student less interesting to study in the class and the student show the lack of understanding in the next learning. The learning system or the way teaching of teachers in the class is a basic thing that can have a big affect to the achievement of learning and the result of student learning. Is this research hopefully the learning medium that become solutions in the problems of students less understanding, the learning of operation system in SMK Negeri 1 Arosbaya. The purpose of this research is to know the influence of medium of learning visual graphic mind mapping against in the material operation system. This research is quantitative by use Quasi Experimental Design with research design Nonequivalent Control Group Design. This research conducted at SMKN 1 Arosbaya with sampel used saturated sampel, where all members of the population are sampel of TKJ A class as experiment class and the class of TKJ B as a control class. The instrument was used is the test result of learning in the from pretest and postest, the sheets of observation from the teacher and student. The test used significant test by thitung amount 18,662 and ttabel amount 2,068, so that thitung more that ttabel can be avowed that Ho rejected and Ha received. The conclusion of this research there is the inflluence of medium of learning visual grapic mind mapping.

Detail Jurnal