Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TIME TOKEN PADA MATERI STRUKTUR SISTEM OPERASI OPEN SOURCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
    Penulis : UMMU HABIBAH
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd,. M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, S.Pd,. M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Habibah, Ummu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Metode Time Token Pada Materi Struktur Sistem Operasi Open Source Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Informatika, Program Sarjana Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing : (1) Wanda Ramansya. S.Pd., M.Pd dan (II) Sigit Dwi Saputro. S.Pd., M.Pd Kata-kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif, kooperatif metode time token, Hasil belajar, Struktur sistem operasi open source. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif metode time token terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem operasi open source. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan mei 2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian “Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) sebanyak 2 kelas yaitu kelas X RPL 1 dan X RPL 2 yang masing-masing kelas terdiri atas 25 siswa. Pengambilan data sampel dilakukan mengggunakan teknik sampel jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, hasil analisis data menggunakan signifikansi diperoleh hasil ?????????????????????????(2,328) >????????????????????????(2,069) dengan ???? = 0,05% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif metode time token terhadap hasil belajar siswa pada materi struktur sistem operasi open source pada siswa kelas X RPL SMKN 2 Bangkalan. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksprimen dihitung dengan gain ternormalisasi menghasilkan rata-rata 0,66 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif metode time token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X RPL 2 pada materi struktur sistem operasi open source. aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif metode time token mengalami peningkatan dari pertemuan pertama dengan jumlah keseluruhan aktifitas siswa sebesar 62 ke pertemuan kedua dengan bertambahnya total keseluruhan aktivitas siswa menjadi 70 yang berarti bahwa keaktifan siswa masuk pada kategori sedang.

    Abstraction

    ABSTRACT Habibah, Ummu. 2017. Influence of Cooperative Learning Model Time Token Method In Material. Thesis, Study Program of Informatics Education, Undergraduate Program of Trunojoyo University of Madura. Advisor: (1) Wanda Ramansya. S.Pd., M.Pd and (II) Sigit Dwi Saputro. S.Pd., M.Pd Key Words: Cooperative learning model, cooperative time token method, Learning outcomes, open source system structure. This research is done to find out the effect cooperative learning model of time token method to student learning result on open source operating system material. Research conducted in May 2017. This research uses quantitative research type with the “Quasi Experimental Design” method and “Nonequivalent Control Group Design”. The population and sample in this research are all student of class X on “Software Engineering Expertise” program and there are two classes that is X RPL 1 and X RPL 2 for the each class has 25 students. Sampling data was taken using saturated sample technique. This sample of research were 25 students for the experimental class and 25 students for the control class. Data retrieval using multiple choice test instruments, The results of data analysis using the significance obtained as ????count (2,328) > ????????????????le (2,069) with the ???? = 0,05% which mean Ho was rejected and Ha be accepted, the meaning that there is a significant influence of cooperative learning model of time token method on student learning outcomes on open source operating system structure material on students of class X RPL SMKN 2 Bangkalan. Increased student learning result in the experimental class with an average gain of 0.66 medium category. So it can be concluded that the learning by applying the cooperative model of time token method can improve student learning result of class X RPL 2 on the material structure of open source operating system. Student activity using cooperative learning method of time token method has increased from first meeting with total activity of student equal to 62 and to second meeting with increasing total of student activity become 70 which mean that student activeness enter in medium category.

Detail Jurnal