Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI PENGANTAR ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER DI KELAS X TKJ SMKN 1 AROSBAYA
    Penulis : Zulfaul Laila Rizki
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sistem komputer khususnya pada materi pengantar organisasi dan arsitektur komputer pada model kooperatif tipe course review horay di kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMKN 1 Arosbaya Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 44 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode eksperimen jenis Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan Nonprobability sampling yaitu dengan teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/ kesempatan yang sama bagi anggota populasi. Pada penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak dua kelompok dengan pengambilan anggota sampel dari populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian meliputi: (1) Secara klasikal 83,33% siswa dinyatakan memiliki ketuntasan hasil belajar. (2) Aktivitas keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas guru) diperoleh rata-rata sebesar 80,47% dan tergolong kategori sangat baik. (3) Aktivitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 3,13 dan tergolong kategori baik(aktif). (4) Respon siswa diperoleh 95,41% dan tergolong kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe cours review horay efektif terhadap hasil belajar siswa

    Abstraction

    This study aims to determine the effectiveness of computer system learning, especially on the introductory material of the organization and computer architecture on cooperative model type course review hooray in class X TKJ SMKN 1 Arosbaya. The population in this study is the X class students in TKJ SMKN 1 Arosbaya School Year 2016/2017 consisting of 44 students. This research is a descriptive quantitative research with experimental method of Quasi Experimental Design type. This research uses Nonprobability sampling with sampling technique that does not give equal opportunity for member of population. In this study the sample used two groups and took the sample members from the population using a saturated sampling technique. Based on the results of the research include: (1) Classically 83.33% of students expressed to have mastery in learning outcomes. (2) Learning activities (teacher activity) obtained an average of 80.47% and classified as very good category. (3) Student activity obtained an average of 3.13 and belonging to good category (active). (4) Student response is 95,41% and classified as very good category. Thus it can be concluded that cooperative model type course review hooray is effective for student learning outcomes

Detail Jurnal