Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Virtualbox Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Instalasi Sistem Operasi Metode Clean Install Kelas X Tkj (Penelitian Di Smk Nurul Amanah)
    Penulis : Nur Faize
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Pelaksanaan pendidikan yang berada pada tingkat paling dekat dengan siswa yaitu guru merupakan subjek yang sangat berpengaruh terhadap hasil pendidikan. Semakin baik seorang guru dalam menyampaikan materi maka semakin baik pula hasil belajar siswa dan akan semakin baik pula hasil pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Virtualbox Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Instalasi Sistem Operasi Metode Clean Install Kelas X Tkj (Penelitian Di Smk Nurul Amanah). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode kuantitatif dengan disain Quasi Experimental jenis Nonequivaent Control Group Design. Pengambilan data sampel dilakukan mengggunakan teknik Sampling Jenuh dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 19 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar siswa berupa soal tes uraian dan angket respon. Data yang diperoleh dari hasil tes soal uraian dianalisis dengan uji statistik. Nilai pretest dan posttest diuji dengan rumus Lilliefors, homogenitas, linieritas, regresi linier sederhana dan uji signifikan (uji t). Dari hasil Uji Regresi Linier sederhana menunjukkan media pembelajaran aplikasi VirtualBox dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14,62. Sedangkan dari uji signifikan (Uji t) hasil belajar diketahui bahwa thitung = 16,658 ? ttabel = 2,0687. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran aplikasi VirtualBox pada materi instalasi sistem operasi metode clean install terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ di SMK Nurul Amanah.

    Abstraction

    Implementation of education that is at the closest level to the students ie teachers is a subject that is very influential on educational outcomes. The better a teacher in delivering the material the better the students' learning outcomes and the better the educational outcomes. This study aims to determine the effect of learning media applications VirtualBox on the installation material operating system Clean install method of student learning outcomes of class X TKJ in SMK Nurul Amanah. The research was conducted from May to June 2017. This research is quantitative research using quantitative method with Quasi Experimental design type Nonequivaent Control Group Design. Sampling data were collected using the Saturated Sampling Technique in which the entire population was used as a sample of 25 students for the experimental class and 19 students for the control class. The data collecting using test instrument result of student learning in the form of test description and questionnaire response. Data obtained from the test result of the description is analyzed by statistical test. The pretest and posttest values were tested by the Lilliefors formula, homogeneity, linearity, simple linear regression and significant test (t test). From the results of a simple linear regression test shows the learning media of VirtualBox application can improve student learning outcomes of 14.62. While from the significant test (t test) the result of learning is known that thitung = 16,658 ? ttabel = 2,0687. This indicates that Ho is rejected and Ha accepted, meaning there is influence of learning media application of VirtualBox on installation material of operating system clean install method to result of student learning of class X TKJ at SMK Nurul Amanah.

Detail Jurnal