Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK NURUL AMANAH
    Penulis : Defi Yuliyanti
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd, M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Nurul Amanah. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2017 ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent Control Grup Desain. Pengambilan data sampel dilakukan mengggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 19 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa uraian, analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu t_(hitung )= 8.545 > t_(tabel ) = 2.068 dengan ?=0.05% yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Nurul Amanah. Rata-rata hasil akhir belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pretest kelas eksperimen 57.16 dan posttest kelas eksperimen 77.16. Pretest kelas kontrol 54.79 sehingga posttest kelas kontrol 71.68. dengan kesimpulan model project based learning layak digunakan sebagai penelitian. Sedangkan untuk angket respon siswa terhadap model project based learning memperoleh respon sangat baik dengan nilai rata-rata 86.8.

    Abstraction

    learning outcomes in digital simulation subjects in SMK Nurul Amanah. The study conducted mei 2017, used quasi experimental methods with non equivalent control group desain, the sampling data was taken using a saturated sampling technique. The sample of this study amounted to 25 students for the eksperiment class and 19 students for the control class. Taking data using instrument that is test the from of description, data analysis using t-test. The result of this research are obtained t count = t table with a=0.05% which means Ho rejected and Ha accepted. That meaning there is influence of project based learning model on student outcome in digital simulation subject in SMK Nurul Amanahthe average of student learning outcomes have increased that is pretest experiment class 57.16 and posttest experiment class 77.16 . pretest control class 54.79 so that posttest control class 71.68 with the result project based learning model proper to used in the research while for the question paire the student’s response to project based learning get very good response with average value 86.8%

Detail Jurnal