Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh penerapan Sublime Text 3 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web bahasan Style halaman web kelas X TJK di SMK Al – hikamPenulis : NawawiDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, M. PdDosen Pembimbing II :Sigit Dwi Saputro, M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran teks editor Sublime text 3 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web bahasan Style Halaman Web, penelitian ini dilaksanakan pada bulan mei 2017. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan jenis pretest-postest control group Design. Teknik sampel yang digunakan yaitu random sampling. Sampel pada pada penelitian ini berjumlah 30 siswa pada kelas ekperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan intrumen angket (kuisioner) yang terdiri dari pernyataan favorable dan unfavorable, analisis data menggunakan uji t signifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu t_hitung= 6,81 > t_tabel=2,04 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Sublime Text 3 terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web bahasan style halaman web di SMK Al – Hikam. Rata-rata hasil akhir posttest ekasperimen minat siswa mengalami peningkatan yaitu posttest kelas kontrol 40,3 dan posttest kelas kontrol 75,5. Nilai rata-rata aktivitas siswa kelas kontrol memperoleh 60 denga kategori cukup baik dan nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh 70 dengan kategori baik sedangkan nilai rata-rata aktivitas guru kelas kontrol dan kelas ekperimen memperoleh 96 dengan ketegori sangat baik Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan teks editor Sublime Teks 3 dapat mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web.
AbstractionThe aims of this research are for know the effect of learning media text editor the Sublime Text 3 to the student interest in the web programming subject of discussion web pages style, this research was conducted in May 2017. this research uses True Experimental Design Method with the pretest-postest control group Design. Engineering samples are used a random samplig. Samples in this research were 30 students in the experimental class and 30 students in the control class. Retrieving data using questionnaire instrument, which consist of statements favorable and unfavorable, data analysis using t significance. These research results obtained by t_count= 6.81 > t_table= 2.04, which means that Ho refused and Ha accepted, meaning that it can be concluded there are significance that the application of Sublime Text 3 against student interest in the subject of discussion sweb programming tyle web page at SMK Al - Hikam. The average results of the final student interest has risen posttest control group 40.3 and posttest control group75.5, The average grade of control class students' activity earned 60 with good category and the average grade of the experimental class was 70 with good category while the average grade of teacher control and experimental classroom activity was 96 with very good category Based on the results it can be concluded that the use of a text editor Sublime Text 3 can affect student interest in the subject of web programming.