Detail Karya Ilmiah

  • PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN STAD PADA MATERI PENGOPERASIAN PC DAN PHERIPERAL
    Penulis : Rama Febri Setiawan
    Dosen Pembimbing I : Ariesta Kartika Sari, S.Si., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Game Tournament) dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) pada materi pengoperasian Pengoperasian Pheriperal dan PC di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Geger Madiun. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti Quasi Eksperimen Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ yang berjumlah 84 siswa. Sampel yang digunakan peneliti adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Hasil Belajar, Lembar Aktivitas Guru, Lembar Aktivitas Siswa. Hasil perhitungan hipotesis yang telah dilakukan oleh peneliti dengan uji t dua sampel independent menyatakan bahwa nilai dari Fhitung 0,067 dan Ftabel 2,021 dengan keputusan Fhitung ? Ftabel maka H0 diterima. Berdasarkan uji hipotesis maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan STAD materi mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral. Rata-rata hasil dari posttest kelompok TGT sebesar 82,00 dan kelompok STAD 80,90. Hasil presentase observasi aktivitas guru pada kelompok TGT sebesar 85% dan pada kelompok STAD sebesar 83%. Sedangkan untuk hasil observasi aktivitas siswa diperoleh hasil sebesar 88% pada kelompok TGT dan pada kelompok STAD 81,3%. Kata Kunci : Model kooperatif tipe TGT, Model kooperatif STAD, Hasil Belajar, Aktivitas Guru, dan Aktivitas Siswa.

    Abstraction

    ABSTRACT This research to know the comparison of student learning outcomes in learning by using cooperative learning model type TGT (Teams Game Tournament) and cooperative learning model type STAD (Student Team Achievement Division) on the operation of the operation Pheriperal and PC in class XI TKJ SMK Negeri 1 Geger Madiun. Research methods used by the researchers of the Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control Group Design. The population of this research is the whole grade XI TKJ totalling 84 students. The sample used is saturated samples researcher. The instruments used in this research is to Test the results of the study, Activity Sheets, Teacher Student Activity Sheets. The results of the calculation hypotheses that have been undertaken by researchers with two independent samples t test States that the value of Fhitung 0.067 and Ftabel 2.021 by decision Fhitung ? Ftabel then Ho are received. Based on the hypothesis test then can be drawn the conclusion that there is no significant difference in learning outcomes between cooperative learning model type TGT and STAD material PC and operating problems of diagnosing the peripheral. The average result of TGT group posttest of 82.00 and STAD 80.90. Result observation of activity percentage of teachers on a group of 85% and the TGT to a group of 83% STAD. As for the results of the observation activities of students obtained a result of 88% on group TGT and the STAD 81.3%. Keywords : cooperative Model, a Model of cooperative TGT type STAD, the result of Learning Activities, teacher, and Student Activities.

Detail Jurnal