Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAVASCRIPT KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 LABANG
    Penulis : TAUFIKUR RAHMAN
    Dosen Pembimbing I : MEDIKA RISNASARI, S.ST.,M.T.
    Dosen Pembimbing II :MUCHAMAD ARIF, S.PD.,M.PD.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa pada materi javascript. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2017 ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest dan posttest. Pengambilan data sampel dilakukan mengggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda, analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu = 4,125 > = 2,021 dengan yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh media pembelajaran e-learning berbasis moodle terhadap hasil belajar siswa pada materi javascript kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Labang. Rata-rata hasil akhir belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pretest kelas eksperimen 32.9 dan posttest kelas eksperimen 81, sedangkam pretest kelas kontrol yaitu 31,7 dan posttest kelas kontrol yaitu 73,5. Untuk uji kelayakan diperoleh hasil rata-rata yaitu 82.5 dengan kesimpulan media e-learning berbasis moodle layak digunakan sebagai penelitian. Sedangkan untuk angket respon siswa terhadap e-learning memperoleh respon sangat baik dengan nilai rata-rata 88.75.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of learning media based on moodle e-learning on student learning outcomes on javascript material. Research conducted in April 2017 is using quasi experiment method with pretest and posttest design. Sampling data was taken using purposive sampling technique. The sample of this study were 37 students for the experimental class and 37 students for the control class. Data collection using multiple Choice test instrument, data analysis using t test. The result of this research is t 4.125 t-tabel 2.021 with a count of 5% which means Ho is rejected and Ha accepted, it means there is influence of learning media based on moodle e- learning on student learning result in javascript material class X TKJ in SMK Negeri 1 Labang.The average of the students final learning outcomes has been improved, pretest experimental class 32.9 and posttest experimental class 81. Pretest control class 31,7 so that the control class posttest 73,5 for feasibility test obtained the average result is 82.5 with the conclusion of moodle-based-learning media is feasible to be used as research. As for the questionnaire of student responses to e-learning obtained a very good response with an average value of 88.75.

Detail Jurnal