Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI (3D) UNTUK MATERI PENCARIAN KESALAHAN DASAR PADA KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 AROSBAYA
    Penulis : Khoirul Anwar
    Dosen Pembimbing I : Eka Mala Sari Rochman, S.Kom., M.Kom
    Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.T
    Abstraksi

    Pengembangan media pembelajaran multimedia 3 dimensi dilatar belakangi oleh keterbatasan fasilitas seperti tidak lengkapnya komponen PC yang digunakan siswa saat praktikum sehingga membuat siswa merasa kesulitan dalam menerima pelajaran yang sedang berlangsung. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimedia 3 dimensi untuk siswa kelas X teknik komputer jaringan materi pencarian kesalahan dasar pada komputer. Metode dalam pengembangan ini digunakan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan dari media tersebut. Adapun prosedur yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapan tersebut yaitu analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan dari penilaian validasi oleh ahli isi/materi diperoleh persentase 90.90%, penilaian validasi ahli media diperoleh 84.70%, penilaian uji coba perorangan 90.60%, penilaian uji coba kelompok besar (lapangan) 88.86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia 3 dimensi layak untuk digunakan. Kata kunci : Multimedia 3D, Pengembangan media, Kelas X TKJ.

    Abstraction

    The development of multimedia media 3 dimensional learning background by the limitations of facilities such as incomplete PC components used by students during the lab so as to make students feel difficulty in accepting the ongoing lessons. Therefore it takes innovation to solve the problem. This research aimed to develop 3 dimensional multimedia learning media for class X students of computer technique network of basic error search material on computer. The methods in this development are used to develop and test the feasibility of the media. The procedure used refers to the model of ADDIE development. The stages are analysis, design, development, and evaluation. Based on the results of the research, the development of the validation by the content / material is 90.90%, the expert media validation validation is 84.70%, 90.60% individual assessment, 88.86% These results indicate that 3 dimensional multimedia media learning is feasible to use. Keywords: 3D Multimedia, Media Development, Class X TKJ

Detail Jurnal