Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Strategi CTL (Contextual Teaching And Learning) Menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran Perakitan Komputer
    Penulis : Mashudi
    Dosen Pembimbing I : Wanda Ramansyah, S.Pd.,M.pd
    Dosen Pembimbing II :Puji Rahayu Ningsih, S.Pd.,M.pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas X SMKN 1 Arosbaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) Menggunakan Pembelajaran Metode Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran perakitan komputer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi, 1) persentase rata-rata validasi tes hasil belajar yaitu dan persentase rata-rata hasil validasi RPP yaitu 90% sehingga dapat disumplkan perangkat pembelajaran sangat layak digunakan, 2) Ada pengaruh pembelajaran terhadapi hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji t, maka diperoleh nilai thitung sebesar 2,873 dengan ttabel= 2,074 Denngan thitung dan ttabel diperoleh thitung ? ttabel, berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Menunjukkan pembelajaran menggunakan Strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Eksperimen pada pelajaran perakitan komputer memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ. Tingkat ketuntasan siswa di kelas eksperimen yaitu 95%, sedangkan di kelas kontrol yaitu 85%. dapat disimpulkan bahwa siswa kelas eksperimen lebih aktif dan antusias dalam melakukan pembelajaran. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Selisih rata-rata nilai kelas eksperimen dan kontrol memiliki selisih 10%.

    Abstraction

    This study was a quantitative research using Contextual Teaching and Learning (CTL) by Experimental Method. This research was conducted in tenth (X) grade students of SMKN 1 Arosbaya. This study aims to investigate the influence of Contextual Teaching and Learning Strategy (CTL) Using Experimental Methods on student class X learning outcomes on computer assembly lessons. The data collection technique was done by evaluation test. The results showed the validation results, 1) The average percentage of validation results that was and average percentage of validation result of plan of learning tool (RPP) that was 90% therefore, it can be concluded that plan of learning tool (RPP) is very feasible to use, 2) There was influence of learning to face student learning result based on result of t-test, then obtained t value counted 2,873 with ttabel= 2,074 With tcount and ttable obtained thitung ? t table, means H0 rejected and Ha accepted. It Shows learning using CTL strategy by using experiment method on computer assembly lesson give a significant influence to result of student learning in eleventh (XI) grade students in the computer network engineering department (TKJ). The level of mastery of students in the experimental group was 95%, while in the control group was 85%. It can be concluded that the experimental group student was more active and enthusiastic in learning. The experimental group learning outcomes was better than the control group. The difference in experiment and control group values has a difference of 10%.

Detail Jurnal