Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM OPERASI SISWA KELAS X SMKN 1 KAMALPenulis : Siti AisahDosen Pembimbing I : Muchamad Arif, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Medika Risnasari, S.ST., M.TAbstraksi
Abstrak Penelitian “Pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing terhadap hasil belajar sistem operasi siswa kelas X SMKN 1 Kamal” bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif snowball throwing terhadap hasil belajar siswa ranah kognitif setelah pembelajaran yang diperoleh melalui hasil postest. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Kamal dengan fokus pembelajaran materi manajemen input/output (I/O). Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan Quasi Experimental Design, dengan rancangan nonequivalet control group design dengan dua macam perlakuan yang berbeda di dua kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu Kelas X RPL1 dan X RPL2. Kelas X RPL1 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X RPL2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar siswa, lembar observasi dan angket respon. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 40,4 dan 73,5 dan hasil observasi aktivitas guru secara klasikal memperoleh rata-rata 84% dengan kategori sangat baik, hasil observasi aktivitas siswa secara klasikal memperoleh rata-rata 73% dengan kategori baik, hasil angket respon siswa secara klasikal berkategori sangat baik dengan nilai seluruh per item 71-100%. Hasil penelitian dari uji signifikansi diperoleh thitung = 6,337 >ttabel 2,042 menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe snowball throwing pada materi manajemen input/output (I/O) terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL SMKN 1 Kamal”. Kata Kunci : Snowball Throwing, Manajemen I/O, Hasil Belajar.
AbstractionAbstrack Research "The influence of learning model cooperative learning type snowball throwing on learning outcomes of the operating system of students of class X SMKN 1 Kamal" aims to determine the influence of cooperative learning model of snowball throwing on student learning outcomes in the cognitive sphere after learning obtained through postest results. This research was conducted at SMKN 1 Kamal with focus on input / output management (I / O) material. The study was conducted in May 2017. The type of this research is quantitative research with experimental method, using Quasi Experimental Design, with nonequivalent control group design design and there are two different treatments in two classes, namely Class X RPL1 and X RPL2. Class X RPL1 as experiment class, and class X RPL2 as control class. The samples used were saturated samples and research instruments used were student learning test instruments, observation sheets and response questionnaires. The results showed that the average pretest and posttest of the experimental class were 40.4 in pretest and 73.5 in the posttest and the observation of teacher activity in the classical obtained an average of 84% with very good category, the result of observation of student activity in the classical obtained Average 73% with good category, result of questionnaire student response classically categorized very good with whole value item 71-100%. The results of the significance test obtained tcount = 6.337 > ttable 2.042 states that Ho is rejected and Ha accepted. From the analysis, it can be concluded that "there is an influence of cooperative learning model of snowball throwing type on input / output management (I / O) material to student learning result of class X RPL SMKN 1 Kamal". Keywords : Snowball Throwing, I / O Management, Learning Outcomes.